Manajemen Perawatan Unit Tadano Rough Terrain Crane GR-500EXL di Dinas Bina Marga

Authors

  • Novlin Ester Indah Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Gun Gun Ramdlan Gunadi Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Hidayat Tullah Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Tadano Rough Terrain Crane GR-500EXL, Perawatan Berkala, Operation Maintenance Manual

Abstract

Guna mendukung tugas untuk melayani masyarakat dalam penyediaan infrastruktur bina marga DKI Jakarta, peran unit Tadano Rough Terrain Crane milik Dinas Bina Marga merupakan komponen pendukungnya. Karena keterbatasan jumlah unit dalam jenis crane, maka pemeliharaan untuk unit ini berperan penting. Di tahun 2020 telah terjadi kerusakan pada salah satu komponen utama crane yaitu Wire Rope. Metode perawatan pencegahan diperlukan untuk mengurangi downtime dan meminimalisir biaya perbaikan. Ketidaksesuaian sistem perawatan unit di lapangan dengan buku panduan terlihat pada jadwal perawatan dengan alasan jam operasi rendah, langkah-langkah perawatan dengan alasan biaya, dan tidak adanya rencana anggaran biaya perawatan yang sesuai buku panduan OMM. Perawatan yang baik adalah sesuai dengan OMM, maka diperlukannya penjadwalan, pencatatan pekerjaan, serta estimasi biaya perawatan berkala yang sesuai buku panduan OMM.

References

Nacnul, A. (2013). Sistem Perawatan Terpadu (Integrated Maintenance System). Dalam Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Robert, P. J. (1960). 5 Unsur Manajemen. Dalam H. Emerson.

Utama, P. (2007). "Manajemen Alat Berat" in Trakindo Utama Training Center Service Techinician Module. Bogor: Training Center Dept. PT Trakindo Utama.

Yuniarti, R. (2000). Ketertarikan Antara Manajemen Waktu Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja di SMU Neg 1 Polokerjo. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UII.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Ester Indah, N., Gunadi, G. G. R., & Tullah, M. H. (2023). Manajemen Perawatan Unit Tadano Rough Terrain Crane GR-500EXL di Dinas Bina Marga. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1726–1734. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/509

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>