Perancangan Tubular Frame Chassis Pada Pengembangan Mobil Listrik 2 Penumpang Berbasis Perkotaan

Authors

  • Gamzi Koplok Tatan Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Fajar Mulyana Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Hidayat Tullah Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

urban, chassis, pembebanan, safety factor

Abstract

Sesuai kesepakatan UNFFC, Target Penurunan Emisi Indonesia sebesar 3.5% mendorong perkembangan kendaraan listrik untuk mobilisasi masyarakat khususnya di daerah perkotaan, Oleh karena itu untuk memenuhi target pengurangan emisi karbon yang disebabkan oleh gas buang kendaraan berbahan bakar minyak, maka banyak dikembangkan kendaraan dengan tenaga listrik bertipe urban, salah satu aspek terpenting dalam pengembangan mobil bertipe urban ini yaitu pada bagian rangka kendaraan/Chassis, Tubular frame chassis adalah jenis chassis yang sering digunakan pada berbagai macam kendaraan khususnya mobil dikarenakan kekuatan dan kemudahan manufakturnya yang baik. Adapun metodologi yang dipakai untuk merancang chassis ini yaitu identifikasi kebutuhan, menentukan spesifikasi, membuat rancangan awal, analisa dan perhitungan, hasil dari rancangan ini yaitu rancangan chassis menggunakan material pipa hollow ASTM A36, dengan ukuran wheelbase 1700 mm dan trackwiht 1000 mm dengan panjang keseluruhan kendaaran 2200mm lebar 1000 mm dan tinggi 1200mm, dimensi tersebut dirancang dengan perkiraan yang efektif untuk kendaraan dengan kapasitas penumpang 2 orang dengan kondisi umum untuk jalan wilayah perkotaan. serta hasil analisa dan perhitungan chassis, chassis memiliki nilai kekuatan yang baik untuk pembebanan statis dan dinamis

References

Sadikin, A. (2013). Perancangan Rangka Chasis Mobil Listrik Untuk 4 Penumpang Menggunakan Software 3D Siemens Nx8. Universitas Negeri Semarang, 72.

Nurudin Fatih (2016), Analisa kekuatan chassis sapuangin menggunakan material alumunium dengan menggunakan metode elemen hingga, Surabaya : Institut Teknologi sepuluh November

Arisindo Dicko luriyanto (2017), Perhitungan ulang chassis nogogeni 3 evo untuk shell eco marathon asia 2017, Surabaya : Institut Teknologi sepuluh November

Fatahillah Fadil, Ramdhani rudiatama, Ramadhan Rayhan. (2020), proposal kompetisi kendaraan listrik PLN ICE 2020, Jakarta: Politenik Negeri Jakarta

Hibbeler R.C (2016) Engineering mechanic statics & dynamics, fourth edition New Jersey: Pearson Prentice Hall Pearson Education, Inc

Sutantra, I Nyoman., dan Bambang Sampurno. (2010). Teknologi Otomotif, Edisi Kedua. Surabaya : Guna Widya

Febrian Dkk, (2021). Chassis kendaraan ringan. Semarang, : penerbit buku deepublish. CV Budi Utama

Arief Raharjo, Fuad (2020) . Mahir Solidworks Simulation CAE. Surabaya : penerbit buku deepublish. CV Budi Utama

Walueleoleoeleoeo (2005). A Textbook of Machine Design. In Engg. Services (14th Edition). Eurasia Publishing House (PVT.) Ltd

European Environment Agency (2007) Transport and environment: on the way to a new common transport policy

Published

2022-12-01

How to Cite

Koplok Tatan, G., Mulyana, F., & Tullah, M. H. (2022). Perancangan Tubular Frame Chassis Pada Pengembangan Mobil Listrik 2 Penumpang Berbasis Perkotaan. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 237–246. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/35

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>