Analisa Troubleshooting Cylinder Bucket Low Power Pada Unit Excavator Hyumday HX210S

Authors

  • Ivandra Leody Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Hidayat Tullah Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Rahmat Noval Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Alat berat, excavator, troubleshooting, low power

Abstract

Alat berat termasuk salah satu di antara faktor penting dalam mengerjakan proyek-proyek konstruksi dengan skala besar. Tujuan penggunaannya guna membantu pekerjaan manusia dalam memproses material konstruksi sehingga lebih mudah mencapai target pengerjaan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Excavator merupakan salah satu alat berat yang paling sering digunakan dikarenakan memeiliki fleksibilitas yang tinggi. Excavator digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material, menggali, mengeruk, dan lain-lain. Dilihat dari strukturnya, excavator terdiri dari tiga bagian, yaitu : upperstructure, attachment, dan undercarriage. Salah satu komponen attachment yaitu cylinder bucket, untuk kita bisa memperbaiki komponen cylinder bucket, kita harus memiliki ilmu troubleshooting. Banyak orang yang berpendapat bahwa troubleshooting ialah seni. Selain itu sebagian orang melihat kemampuan troubleshooting adalah bawaan dari lahir. Troubleshooting adalah cara atau bentuk penyelesaian masalah yang dilakukan untuk memperbaiki suatu alat atau barang seperti sistem mesin yang telah rusak. Disini metode troubleshooting digunakan untuk mengatasi masalah cylinder bucket low power. Cylinder bucket Low Power merupakan suatu kondisi dimana cylinder bucket tidak dapat berfungsi dengan baik. Mudahnya, kondisi ini juga dapat disebut dengan tenaga lemah/kurang tenaga atau loyo. Hal ini bisa disebabkan oleh perawatan pada sistem hydraulic yang kurang maksimal.

References

A. F. Nur, "Sistem Hidrolik pada Excavator," in Academia.edu, Yogyakarta, 2019.

A. Kholil, Alat Berat, Bandung: PT. Remaja Rodakarya, 2012.

T. Hariyanto, "ANALISA MEKANISME CYLINDER BUCKET," 10 Juli 2019. [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/75421/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. [Accessed 20 Juli 2022].

P. T. U. T. C. Cileungsi, Engine Troubleshoot Method, Bogor: Training Center Dept. PT. Trakindo Utama, 2008.

M. Trisno Yuwono, Perawatan Engine dan Unit Alat Berat, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014.

Caterpillar, Hydraulic Fundamentals, Tullamarine Victoria Australia 3043: Asia Pacific Learning, 2003.

A. Saputra, "Analisa Kerusakan pada Cylinder Hydraulic Bucket Excavator Hitachi," in Perpustakaan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 2013.

Published

2022-12-01

How to Cite

Leody, I., Tullah, M. H., & Noval, R. (2022). Analisa Troubleshooting Cylinder Bucket Low Power Pada Unit Excavator Hyumday HX210S. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 1058–1066. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/155

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>