Proses Manufaktur Pembuatan Sistem Pasokan Udara

Authors

  • Hudan Jalin Ukhuwah Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Fajar Mulyana Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Hidayat Tullah Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Proses Mnufaktur, Sistem Pasokan Udara, Printer 3D, Aksi Gelombang

Abstract

Aksi gelombang pada sistem pasokan udara adalah pergerakan gelombang tekanan yang berosilasi dari katup intake hingga pintu masuk sistem pasokan udara yang bergerak dengan kecepatan suara, besarnya amplitudo dan waktu gelombang dengan dipengaruhi oleh dimensi diameter, dan panjang sistem pasokan udara. Oleh karena itu diperlukan rancangan sistem pasokan udara yang didasari oleh spesifikasi dan fokus penerapan kepada mesin. Adapun metodologi atau tahapan dalam rancang bangun system pasokan udara adalah studi literatur, observasi lapangan, perancangan dan manufaktur, pengujian dan penulisan laporan. Sistem Pasokan Udara dirancang untuk meningkatkan peforma pada mesin honda beat yang berfokus pada peningkatan volume udara dan pemusatan arah udara menuju ruang bakar. Pada rancang bangun ini, terdapat dua ukuran panjang velocity stack yang akan menghasilkan keluaran tenaga yang tentunya akan berbeda. Dengan menggunakan material filament berjenis Poly Carbonate yang memiliki daya tahan terhadap panas hingga 120º dan dibuat dengan menggunakan mesin 3D Printing. Membuat Rancang Bangun Pasokan Udara menggunakan mesin 3D Printing bertujuan untuk memangkas biaya produksi dan sebagai pembuktian dalam meningkatkan performa kendaran tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar.

References

Syukroni, Muh Farhan (2017) Rancang Bangun Knowledge Management System Berbasis Web Pada Madrasah Mualimin Al-Islamiyah Uteran Geger Madiun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Vol. 2, No. 1 Maret 2017 e-ISSN: 2502-8944 ENTHALPY-Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin.

Jack Kane, Exhaust System Technology.

Sutanto, Himawan Arif (2015-03-05). Monograf: TINGKAT EFISIENSI PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHA KECIL (Studi pengolahan ikan Asin di Kota Pekalongan). Dilengkapi dengan Panduan Software Fruntier 4.1.

Tyagi, G. (2018). 3D Printing Technology Introduction to 3D Printing 3D printing. Ultimaker. (2015).

Avérous, L. (2008). Polylactic Acid : Synthesis , Properties and Applications. Synthesis, 2006–2008..

"The future of Solidworks". September 27, 2011. Retrieved May 6, 2016.

Cura User Manual, 28–31.

Rorres, Chris. "Tomb of Archimedes: Sources". Courant Institute of Mathematical Sciences. Diakses tanggal 2007-01-02.

N Syawaldi, EH Siswanto - 2014 - academia.edu.

Metode Penganggaran 2021-07-19 di Wayback Machine.

Published

2022-12-01

How to Cite

Ukhuwah, H. J., Mulyana, F., & Tullah, M. H. (2022). Proses Manufaktur Pembuatan Sistem Pasokan Udara. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 1263–1268. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/179

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>