ANALISIS KERUSAKAN INJECTOR PADA MESIN TRUCK CONCRETE PUMP 6 SILINDER DAN DAMPAK TERHADAP PERFORMA MESIN

Authors

  • Andi Izul Dewa Febrianov Politeknik Negeri Jakarta
  • Fajar Mulyana Politeknik Negeri Jakarta
  • Dianta Kamal Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

Pada sebuah alat berat memiliki system pembakaran yaitu Injector yang mana merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu sistem bahan bakar diesel. Injector berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar diesel dari injection pump ke dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak (piston) mendekati posisi TMA Injector adalah salah satu komponen terpenting dalam suatu sistem bahan bakar diesel.Injector berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar diesel dari injection pump ke dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak (piston) mendekati posisi TMA Analisis ini mengacu pada metode Root Cause Analysis (RCA) dengan menggunakan Fishbone diagram untuk mengidentifikasi permasalahan yang mungkin terjadi. Selanjutnya, analisis ini akan membantu menemukan penyebab kerusakan pada mesin pompa dengan menggunakan pendekatan Root Cause Analysis (RCA). Berdasarkan hasil analisis terjadi adanya kesalahan faktor Manyang kurang baik dalam pengoperasian mesin, dan ada kesalahan dari faktor Method tidak tersedianya jadwal pemeliharaan guna mendukung kinerja pengoperasian mesin serta tidak adanya pembaruan bahan material komponen injector. Berdasarkan hasil analisis, penyebab kerusakan Injector pada mesin truck concrete pump 6 silinder dan dampak terhadap performa mesin dikarenakan adanya kesalahan dari faktor Man yang tidak memiliki kompetensi dalam pengoperasian mesin, dan ada kesalahan dari faktor Method tidak tersedianya jadwal pemeliharaan guna mendukung kinerja pengoperasian mesin serta tidak adanya pembaruan bahan material komponen injector. Solusi perbaikan terhadap komponen injector yaitu Pembersihan Injector, pergantian seal dan o-ring, kalibrasi ulang, dan pergantian injector.

 

Kata kunci : Truk Pompa Beton, Injektor , Perawatan

References

Sariffudin, Widada H dan A. Hase MF, “Analisis Menurunnya Kinerja Injektor terhadap Proses Pembakaran Motor Diesel di Kapal,” E-Journal Marine Inside, Vol. 3, No. 2, pp. 31–42, 2021.

Edy S, Identifikasi Terkikisnya Camshaft Terhadap Kerja Diesel Engine Generator Di Kapal Mt. Sapta Samudra. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, 2019.

Rendra G, Penyebab Kebengkokan Push Rod Pada Mesin Diesel Generator. Universitas Maritim Amni Semarang, 2022.

Kanabi A, Rancang Bangun Valvespringremoval Special Tool. Politeknik Negeri Sriwijaya, 2016.

Narto A, Menggambar Desain Permesinan. Semarang: Penerbit Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, 2017.

Muchlisinalahuddin, "Analisis Prestasi Mesin Motor Bakar Diesel Type Pauss Model 175 A Untuk Bahan Bakar Solar dan Bio Solar," Rang Teknik Journal, Vol. 1, No. 2, pp. 221–226, 2018.

Kristanto P, Motor Bakar Torak:Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi, 2015.

Budi W, Analisa Kerusakan Ring Piston Pada Mesin Induk di Mv Sinar Kudus. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, 2019.

Higgins LR, Mobley RK, Higgins LR, dan Smith R, Maintenance Engineering Handbook. New York: McGraw-Hill Education, 2002.

Assauri S, Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004.

Rizaldi MI, Usulan Perawatan Maintanance Task Untuk Mesin B-67 Dengan Pendekatan Metode Realibility Centered Maintanance di PT Bumimulia Indah Lestari Plant Gresik. Universitas Muhammadiyah Gresik, 2019.

Aribowo D, Wiryadinata R, dan Alexander D, "Care and Maintenance System Generator Transformer 20KV-150KV," Electrician: Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Vol. 8, No.1, pp. 20–30, 2014.

Haidar ZS, Penerapan Preventive Maintenance Di Pangan Sejahtera Pabrik Tauco Kota Sukabumi. Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 2020.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Andi Izul Dewa Febrianov, Mulyana, F., & Kamal, D. (2023). ANALISIS KERUSAKAN INJECTOR PADA MESIN TRUCK CONCRETE PUMP 6 SILINDER DAN DAMPAK TERHADAP PERFORMA MESIN. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 440–445. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1822

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>