Rancang Bangun Sistem Pengereman dan Mekanisme Pembelok Pada Rancang Bangun Prototipe Front Fork Sepeda Motor Matic Roda Tiga Menggunakan Prinsip Parallelogram

Authors

  • Muhammad Kevin Hardiansyah Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Rastana Hendrisyah Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Fajar Mulyana Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Isnanda Nuriskasari Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Sistem Pengereman, Mekanisme Pembelok, Perancangan, Analisa Perhitungan, Uji Kinerja, Amati Tiru Modifikasi, Honda Beat 110cc, Disabilitas Tuna Daksa

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk mendapatkan rancangan sistem pengereman yang stabil, mendapatkan mekanisme pembelok yang efektif, menganalisa perhitungan dari sistem pengereman dan mekanisme pembelok, serta mendapatkan hasil kinerja dari rancangan tersebut. Sistem pengereman berfungsi untuk memperlambat dan atau menghentikan sepeda motor dengan cara mengubah tenaga kinetik/gerak dari kendaraan tersebut, sedangkan mekanisme pembelok berfungsi membantu pergerakan suspensi parallelogram ketika ditikungan.Tahapan yang dilakukan dalam penulisan yaitu mengidentifikasi masalah, melakukan studi lapangan dan studi literatur, melakukan desain, analisa perhitungan, dan uji kinerja. Metode yang digunakan adalah ATM (amati,tiru,modifikasi) dengan komponen standar pabrikan astra honda motor untuk sepeda motor beat 110cc. Semua rancangan dibuat untuk membantu penyandang disabilitas tuna daksa di Indonesia.  

References

A. N. A. Ansori, “Jumlah Penyandang Disabilitas di Indonesia Menurut Kementrian Sosial,” 10 September 2020. [Online]. Available: https://www/liputan6.com/disabilitas/read/4351496/jumlah-penyandang-disabilitas-di-indonesia-menurut-kementrian-sosial..

F. M. K. a. B. K., “Perancangan Sepeda Motor Roda Tiga Untuk Kaum Difabel,” pp. 284-290, 2016.

Sutantra, Teknologi Otomotif Teori dan Aokijasinya, Surabaya: Guna Widya, 2001.

D.A.S.G.Chan, Review of Otomotif Brake Friction, Australia: University Of Western Australia, 2004.

Giancoli, Fisika Edisi Kelima Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2001.

Hafid, “Gaya Tekan Pad Rem Terhadap Disk Rotor Pada Kendaraan Mini Buggy,” Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Edisi terbit I , pp. 29-30, April 2016.

U. M. Sugeng, PERHITUNGAN LENGAN EKSAVATOR KAPASITAS 450 KG UNTUKLABORATORIUM., Jakarta: Institut Sains dan Teknologi Nasional., 2020.

“hondacengkareng.com,” Honda, 25 July 2022. [Online]. Available: https://www.hondacengkareng.com/produk/hose-comp-fr-brake-45126k25901/. [Diakses 25 July 2022].

F. J. &. H. E. Bueche, Schaum's Outlines Teori dan Soal-soal Fisika Universitas Edisi Kesepuluh, Jakarta: Erlangga, 2006.

“Astra Honda,” [Online]. Available: http://www.astra-honda.com/.

Published

2022-12-01

How to Cite

Hardiansyah, M. K., Hendrisyah, R., Mulyana, F., & Nuriskasari, I. (2022). Rancang Bangun Sistem Pengereman dan Mekanisme Pembelok Pada Rancang Bangun Prototipe Front Fork Sepeda Motor Matic Roda Tiga Menggunakan Prinsip Parallelogram . Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 126–131. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/22

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>