Proses Manufaktur dan Analisa Jig Sliding Cutting pada Permesinan Gerinda Tangan

Authors

  • Fajar Imam Pratomo Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Agus Hendrajaya Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Eka Alfarisyi Ferysyah Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Almahdi Almahdi Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Isnanda Nuriskasari Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

proses manufaktur, gerinda tangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manufaktur yang dilakukan pada saat pembuatan Jig Sliding Cutting permesinan gerinda tangan dan untuk mendapatkan hasil kinerja dari Jig Sliding Cutting tersebut. Jig Sliding Cutting adalah alat yang digunakan untuk mempermudah proses pemotongan benda kerja menggunakan gerinda tangan sehingga lebih efesien. Dalam pembuatan alat ini membutuhkan waktu 18 jam 9 menit. Proses permesinan yang digunakan untuk proses fabrikasi adalah proses pembubutan, proses pengeboran, dan proses pengelasan. Hasil kinerja pengujian alat menggunakan bahan plat SS41 dengan ukuran 0,8 mm x 17 mm membutuhkan waktu pemotongan 24 detik, bahan plat SS41 dengan ukuran 0,8 mm x 12 mm membutuhkan waktu pemotongan 12 detik, dan plat SS41 dengan ukuran 0,8 mm x 14 mm membutuhkan waktu 14 detik untuk proses pemotongan. Dilihat dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa waktu kecepatan potong dipengaruhi oleh: ukuran tebal plat, kekuatan operator pada saat mendorong jig dan kekerasan material.

References

Y. Erick, "Pengertian Mesin Gerinda: Fungsi, Jenis, Kegunaan, Cara Menggunakan," 9 August 2021. [Online]. Available: https://stellamariscollege.org/mesin-gerinda/#Pengertian_Mesin_Gerinda. [Accessed 9 Agustus 2022].

klopmart.com, "Penjelasan Apa Itu Gerinda serta Bagian Bagian dari Gerinda Tangan," 24 Oktober 2019. [Online]. Available: https://www.klopmart.com/article/detail/apa-itu-mesin-gerinda-bagaimana-cara-kerjanya. [Accessed 9 Agustus 2022].

etsworlds.id, "Pengertian dan Jenis Mesin Gerinda," 2019. [Online]. Available: https://www.etsworlds.id/2018/01/pengertian-dan-jenis-mesin-gerinda.html. [Accessed 9 Agustus 2022].

tehnikmesin.com, "Prinsip Kerja Mesin Gerinda," 2019. [Online]. Available: https://tehnikmesin.com/2019/11/prinsip-kerja-mesin-gerinda.html. [Accessed 9 Agustus 2022].

A. Sumpena, Teknik Kerja Mesin Perkakas, pp. 20-23.

A. Sumpena, Teknik Kerja Mesin Perkakas, pp. 92-96.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Pratomo, F. I., Hendrajaya, A., Ferysyah, E. A., Almahdi, A., & Nuriskasari, I. (2023). Proses Manufaktur dan Analisa Jig Sliding Cutting pada Permesinan Gerinda Tangan . Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1546–1553. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/486

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>