Perancangan Unit Tenaga Hidrolik Alat Bantu Pemindah Mesin Industri Seberat 5 Ton dengan Hydraulic Skidding System

Authors

  • Muhammad Fadhillah Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Nugroho Eko Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Isnanda Nuriskasari Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Alat Bantu Pemindah Mesin, Hydraulic Skidding System, Sistem Hidrolik, Perancangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan unit tenaga hidrolik dari alat bantu pemindah mesin industri seberat 5 ton dengan hydraulic skidding system. Hydraulic skidding system adalah sistem yang digunakan untuk memindahkan beban dengan penggerak lurus hidrolik secara inkremental pada instalasi sementara maupun permanen. Pembuatan alat ini adalah langkah pemecahan masalah dari permasalahan yang terjadi pada perusahaan yaitu mahalnya biaya sewa dari forklift dan crane untuk memindahkan mesin industri. Alat ini menggunakan sistem hidrolik, dimana sistem hidrolik harus dapat mendorong beban 5 ton sesuai dengan permintaan industri. Metode yang digunakan dalam perancangan unit tenaga hidrolik adalah perhitungan daya yang dibutuhkan dan penyesuaian dengan spesifikasi yang ada di pasar. Dari hasil simulasi dan perhitungan, didapatkan daya poros yang dibutuhkan sebesar 0,741 kW untuk dapat menggerakkan daya air 0,637 kW agar alat dapat memindahkan beban 5 ton.

References

G. S. San, D. Wahyudi, and Sugiarto, “Analisa Tata Letak Pabrik Untuk Meminimalisasi Material Handling Pada Pabrik Koper,” J. Tek., vol. 3, no. 1, pp. 41–49, 2014.

T. Rochman, R. Astuti, and R. Patriansyah, “Peningkatan Produktivitas Kerja Operator melalui Perbaikan Alat Material Handling dengan Pendekatan Ergonomi,” Performa, vol. 9, no. 1, pp. 1–10, 2018.

H. Suwandono, “Analisa Kerusakan pada Forklift Elektrik Nichiyu FB20-75C dengan Metode FMEA,” JTM, vol. 05, 2016.

M. Hochwallner, On Motion Control of Linear Incremental Hydraulic Actuators, no. 1888. 2017.

V. H. Kristanto, Metodologi Penelitian : Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2018.

F. Bueche and E. Hecht, Shaum's Outline Teori dan Soal Fisika Universitas. PT. Penerbit Erlangga, 2006.

Sularso and H. Tahara, “Pompa dan Kompresor: Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 1983.

Shimadzu Corporation, “Shimadzu Gear Pump GPY Series Catalogue.”

F. Rusdianto, Dasar Hidrolik dan Pneumatik. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2017.

Juntai Hydraulic, “Juntai 3-Phase Induction Motor Catalogue.”

Published

2022-12-01

How to Cite

Fadhillah, M., Eko, N., & Nuriskasari, I. (2022). Perancangan Unit Tenaga Hidrolik Alat Bantu Pemindah Mesin Industri Seberat 5 Ton dengan Hydraulic Skidding System. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 313–321. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/45

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>