Manajemen Perawatan Generator Set 6BT5.9-G2 Cummins Di Workshop Alat Berat Politeknik Negeri Jakarta

Authors

  • Muhammad Rizky Swastika Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Iwan Susanto Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Gun Gun Ramdlan Gunadi Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

manajemen, perawatan, manajemen perawatan, manajemen perawatan alat berat, generator set,workshop

Abstract

Manajemen perawatan adalah bagaimana melakukan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk menjaga alat berat yang dimiliki selalu berada dalam kondisi terbaiknya, meminimalkan atau bahkan menghilangkan berhentinya unit karena kerusakan mendadak. Genset (generator set) adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik. Disebut sebagai generator set dengan pengertian adalah satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator atau alternator. Engine sebagai perangkat pemutar sedangkan generator atau alternator sebagai perangkat pembangkit. Pada sebuah sistem generator set, penggerak atau engine sangat berpengaruh terhadapan sistem kerja generator tersebut. Karena pada perputaran generator yang stabil dapat menjadikan output generator tersebut menjadi maksimal. Karena genset ini di gunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa,untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan yang dapat menghambat pembelajaran maka dilakukan manajemen perawatan,yang mana fungsinya adalah salah satunya untuk memastikan kondisi unit dalam kondisi terbaik agar tidak menghambat rutinitas pembelajaran di workshop alat berat. Dengan menjumlahkan biaya perawatan dari tiap periode kalender akademik maka di dapatkan estimasi total biaya perawatan yang diperlukan selama 2 tahun periode mulai dari semester ganjil tahun 2022 sampai semester genap tahun 2024 sebesar Rp. 16.419.000.

References

B. SAPUTRO, “Analisis Keandalan Generator Set Sebagai Power Supply Darurat Apabila Power Supply Dari Pln Mendadak Padam Di Morodadi Poultry Shop Blitar,” J. Qua Tek., vol. 7, no. 2, pp. 17–25, 2017, doi: 10.35457/quateknika.v7i2.239.

M. Barzah, T. Rully, and S. H. Ramdani, “Analisis Kegiatan Pemeliharaan Mesin Dalam Rangka Meminumkan Biaya Pemeliharaan Pada CV. Sentosa Tehnik,” vol. 5 No 2, pp. 1–15, 2021.

D. Untuk, M. Sebagian, S. M. Gelar, and S. Teknik, “Analisis perawatan mesin produksi dan penyebab kegagalan mesin dengan metode,” 2016.

N. ; I. M. M.Anshori, Sistem Perawatan Terpadu, 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

A. Prasetyo, “FORKLIFT DP25ND DI WORKSHOP ALAT BERAT,” 2021.

J. T. Industri, F. Teknik, and U. M. Malang, “( RCM ),” 2017.

P. T. UTAMA, Management alat berat. Bogor: Training Center Dept, 2007.

Published

2022-12-01

How to Cite

Swastika, M. R., Susanto, I., & Gunadi, G. G. R. (2022). Manajemen Perawatan Generator Set 6BT5.9-G2 Cummins Di Workshop Alat Berat Politeknik Negeri Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 1088–1092. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/159

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>