Konsep Perawatan pada Pengadaan Tempat Pembuangan Limbah B3 di Workshop Alat Berat Politeknik Negeri Jakarta

Authors

  • Restu Galih Prasetyo Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Gun Gun Ramdlan Gunadi Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Abdul Aziz Abdillah Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

perawatan, penjadwalan, limbah B3, perawatan tempat limbah B3

Abstract

Perawatan adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan, bertujuan untuk menjaga alat atau barang yang dimiliki selalu berada dalam kondisi terbaiknya. Tujuan dari penulisan ini adalah membuat perencanaan dan penjadwalan perawatan pada tempat pembuatan limbah B3 agar alat tersebut dapat berfungsi dengan baik saat akan digunakan. Metode penulisan ini dilakukan dengan menganalisa data dari sumber literature dan peraturan pemerintah No 101 Tahun 2014 tentang pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun kemudian data diolah menjadi penulisan ini. Hasil ouput penulisan ini adalah pemahaman yang berupa tempat penyimpanan limbah harus disimpan pada ruangan yang rata dengan tanah, terhindar dari sinar matahari dan hujan. Serta penjadwalan perawatan meliputi ketika akan melakukan pengisian, saat tempat pembuangan sudah mencapai kapasitas maksimal dan ketika mencapai usia 365 hari sejak pengisian pertama.

References

D. Untuk, M. Sebagian, S. M. Gelar, and S. Teknik, “Analisis perawatan mesin produksi dan penyebab kegagalan mesin dengan metode,” 2016.

N. F, Penelitian Pengembangan, vol. 1–27. 1989.

Peraturan Pemerintah No 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

TATA CARA PENGELOLAAN LIMBAH B3, Dinas Lingkungan Hidup https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/tata-cara-pengelolaan-limbah-b3-31#:~:text=Pengolahan%20limbah%20B3%20dapat%20dilakukan,Pemerintah%20Nomor%2018%20Tahun%201999. (akses 9 Agustus 2022)

Published

2022-12-01

How to Cite

Prasetyo, R. G., Gunadi, G. G. R., & Abdillah, A. A. (2022). Konsep Perawatan pada Pengadaan Tempat Pembuangan Limbah B3 di Workshop Alat Berat Politeknik Negeri Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 1321–1325. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/187

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>