Analisa Risiko Kegagalan Fuel Filter pada Komatsu Excavator PC70-8 Dengan Failure Mode and Effects Analysis

Authors

  • Rizky Maulana Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Gun Gun Ramdlan Gunadi Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Minto Rahayu Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Excavator PC70-8, Fuel filter, Common rail, FMEA, Ishikawa diagram

Abstract

Penelitian ini berkonsentrasi pada risiko kegagalan fuel filter Komatsu excavator PC70-8 yang berjenis common rail injection system. Dengan tujuan mengurangi risiko kegagalan fuel filter pada sistem. Metode yang digunakan berupa langkah standar FMEA dan bantuan analisa sebab akibat secara Ishikawa diagram untuk kegagalan tersebut. Hasil menunjukan penyebab kegagalan berupa man, material, method, machine dan mileu. Risiko kegagalan sesuai metode FMEA yaitu, jumlah bahan bakar, Mutu bahan bakar dan kondisi tangki bahan bakar. Tindakan yang perlu diusahakan adalah selalu mengisi bahan bakar tepat waktu, memelihara kualitas bahan bakar dan menjaga kebersihan tangki bahan bakar.

References

Besterfield, Dale H., et al. Total Quality Management Revised Edition: For Anna University, 3/e. Pearson Education India, 2014.

Hisprastin, Yasaarah, and Ida Musfiroh. "Ishikawa diagram dan failure mode effect analysis (FMEA) sebagai metode yang sering digunakan dalam manajemen risiko mutu di Industri." Majalah Farmasetika, 6.1 (2021): 1-9.

Andry, Nofrizal, and Y. Ady Prashetya. "Pengaruh suhu dan salinity terhadap kestabilan emulsi minyak mentah indonesia." Jurnal Teknik Kimia Universitas Diponegoro (2011): 1-9.

Sailon, Sailon. "Penanggulangan kontaminasi dan degradasi minyak pelumas pada mesin." Austenit 1.02 (2009): 58-62.

Tanaka, Masaki, et al. "Development of 4D95 engine series meeting tier3." Komatsu technical report 53 (2007): 1.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Maulana, R., Gunadi, G. G. R., & Rahayu, M. (2023). Analisa Risiko Kegagalan Fuel Filter pada Komatsu Excavator PC70-8 Dengan Failure Mode and Effects Analysis. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1469–1475. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/472

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>