Perencanaan Preventive Maintenance Unit Dump Truk Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Di PT. X

Authors

  • Nikola Arya Wiratama Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Asep Apriana Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Minto Rahayu Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Dump Truk, RCM, FMEA, Decision Worksheet, Preventive Maintenance

Abstract

PT. X mengembangkan bisnisnya sebagai kontraktor umum yang terlibat dalam berbagai kegiatan konstruksi seperti jalan raya, jembatan, pelabuhan, bandara, bangunan, pabrik dan fasilitas industri lainnya. Pada salah satu proyek pembangunan yang tengah dijalankannya, perusahaan ini menggunakan dump truk sebagai kendaraan angkut proyek. Dalam pengoperasiannya terdapat kendala sering terjadinya kegagalan pada tiga komponen yaitu komponen kopling, rem, dan sistem bahan bakar. Hal ini terjadi karena preventive maintenance yang tidak berjalan dengan baik, perusahaan hanya menerapkan tindakan corrective maintenance saat terjadi kerusakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan usulan tindakan preventive maintenance pada komponen yang mengalami kegagalan dengan metode RCM (Reliability Centered Maintenance) berdasarkan perhitungan nilai reliability yang didapat. Hasilnya didapatkan kegiatan preventive maintenance yang dapat dilakukan perusahaan untuk komponen kopling 1047 Jam, rem 1711 Jam, dan sistem bahan bakar 1879 Jam.

References

Ahmad Kholil St,Mt(2012), Alat Berat PT.remaja Rosdykarya.

Rostiyanti, Susy F., Alat Berat untuk Proyek Konstruksi, Badan Penerbit Pekerjan Umum, Jakarta, 1990

Dono, M. W. 2017. “Implementasi Reliability Centered Maintenance ( RCM ) II Pada Boiler B-1102 Di Pabrik I Pt . Petrokimia Gresik.” Departemen Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 186.

Walpole, Ronald E 1995. Pengantar Statistika, edisi ke-3,PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Suharyadi dan Purwanto S.K. 2003. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat

Published

2022-12-01

How to Cite

Wiratama, N. A., Apriana, A., & Rahayu, M. (2022). Perencanaan Preventive Maintenance Unit Dump Truk Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Di PT. X. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 66–72. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>