Perencanan Pemeliharaan Mesin Rotary Feeder dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) di PT Semen Baturaja (Persero) TBK

Authors

  • Muhammad Rafli Pratama Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Asep Apriana Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Minto Rahayu Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Rotary Feeder, RCM. FMEA, LTA.

Abstract

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang produksi semen. Perusahaan ini memiliki fasilitas penggilian material dimana terdapat salah satu mesin Rotary Feeder yang berperan sebagai pengumpan material dengan cara membuka dan menutup katup pada plat berputar yang berputar hingga 90 derajat secara terus menerus selama mesin beroperasi. Permasalahan yang terjadi pada mesin ini yaitu seringnya terjadi kerusakan pada komponen-komponen, hal tersebut menyebabkan terhentinya proses penggilingan material hingga kerusakan selesai diperbaiki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan tindakan pemeliharaan pada komponen yang mengalami kerusakan dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Hasil penerapan metodologi RCM ini menghasilkan pemilihan tindakan pemeliharaan untuk komponen mesin ini terdiri dari 4 komponen kategori Condition Direction (CD) dan 4 komponen kategori Time Direction (TD). Oleh karena itu, agar sistem pemeliharaan dapat berfungsi dengan baik, diperlukan Standart Operation Procedure (SOP) bagi operator dan mekanik untuk memelihara semua komponen pada mesin Rotary Feeder.

References

Afefy, Islam H. 2010. Reliability-Centered Maintenance Methodology and Application: A Case Study. Scientific Research Engineering, 2010,2, 863- 873.

Andra Judhika Tondang. 2016. Perencanaan Pemeliharaan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) dan FMEA Pada PTPN II Kwala Madu.

Dhillon, B.S. 2006. Maintanability, Maintenance, and Realibility for Engineers. New York : Taylor and Francis Group, LLC.

United Nations Industrial Development Organization (UNIDO), 1994, “Output of a Seminar on Energy Conservation in Cement Industry”. Japan.

Operation Manual Rotary Valve Design ADG Series 21 Umwelttechnik seit 1912.

R.T. Anderson. 2012. Reliability-Centered Maintenance: Management and Engineering Methods.

Jesus R. Sifonte, James V. Reyes-Picknell. 2017. Reliability Centered Maintenance – Reengineered.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Pratama, M. R., Apriana, A., & Rahayu, M. (2023). Perencanan Pemeliharaan Mesin Rotary Feeder dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) di PT Semen Baturaja (Persero) TBK . Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1844–1851. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/524

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>