Perawatan dan Perbaikan Belt Bucket Elevator 65BE57 dan 66BE57 di PT. XYZ

Authors

  • Rahmat Rifqiantama Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Gun Gun Ramdlan Gunadi Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Noor Hidayati Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

perusahaan harus dapat mempertahankan kehandalan mesin supaya dapat memenuhi target produksi. Kehandalan mesin dapat dipertahankan dengan menerapkan sistem manajemen pemeliharaan yang direncanakan dan dilakukan dengan baik. Joel Levitt (2008) menjelaskan bahwa pemborosan dalam aspek pemeliharaan yang sering terjadi adalah buruknya Preventive Maintenance dikarenakan tidak diatur dengan baik, rendahnya kemampuan personel, dan tidak diketahuinya prioritas pekerjaan sehingga pekerja melakukan pekerjaannya tidak terjadwal dengan baik. Hal tersebut menyebabkan banyaknya terjadi kerusakan mesin yang tidak terjadwal yang menyebabkan menurunnya kehandalan mesin. Rendahnya kehandalan mesin menyebabkan tingginya biaya untuk pemeliharaan dan biaya kehilangan peluang (opportunity cost) untuk memproduksi produk. Ada berbagai macam jenis transportasi di dunia industri, salah satunya adalah belt bucket elevator yang secara intensif digunakan di setiap cabang industri. PT XYZ Tbk sebagai salah satu industri yang bergerak dibidang industri semen menggunakan belt bucket elevator untuk membawa dan mendistribusikan material padat seperti pozzolan, limestone, fly us, dan lainnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian untuk merencanakan interval pemeliharaan untuk komponen kristis belt bucket elevator sehingga dapat meningkatkan kehandalan belt bucket elevator supaya dapat memproduksi semen sesuai target yang diberikan perusahaan.

References

Adam, E. E. & Ebert, R. J. (1992). Production and Operation Management; Concept, Models and Behavior (5th Edition). Prentice Hall.

Beumer. 2010. Operating instructions of Central chain bucket elevator 6090213.30. BEUMER Maschinenfabrik GmbH & Co. KG.

Rudenko N. 1996. Mesin Pengangkat. Erlangga, jakarta.

PT. Semen Padang. 1995. Tsubaki Bucket Elevator. Jepang.

Published

2022-12-01

How to Cite

Rifqiantama, R., Gunadi, G. G. R., & Hidayati, N. (2022). Perawatan dan Perbaikan Belt Bucket Elevator 65BE57 dan 66BE57 di PT. XYZ. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 920–927. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/131

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>