Analisa Silica Scaling Pada Sistem Dual Flash Production Optimization Unit di PLTP Dieng

Authors

  • Muhammad Fauzan Akbar Program Studi Pembangkit Tenaga Listrik, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Isnanda Nuriskasari Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Noor Hidayati Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Production Optimization Unit (POU), Kandungan Silica, Silica Scaling

Abstract

Tingginya kandungan silica di PLTP Dieng berdampak pada pengendapan yang terdapat di jalur pipa injeksi brine yang dimana hal ini menjadi masalah yang serius. Production Optimization Unit (POU) adalah sebuah unit replica yang akan membantu untuk mengetahui karakteristik brine. Mencari nilai Silica Saturation Index (SSI) merupakan salah satu tujuan utamanya yang dimana unit ini akan mengatur parameter-parameter yang berpengaruh yakni tekanan, temperature, dan kandungan silica. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dan dilakukan selama 13 hari dengan tekanan 24,9 barg di 3 titik yang berbeda (S01, S11, S17). Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui nilai Silica Saturation Index (SSI) dan nilai Silica Scaling rate yang terbentuk di jalur brine Line 1 Double Flash. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai silica saturation index di jalur brine production optimization unit di tiga titik yang berbeda memiliki nilai SSI rata-rata ± 1,45, berdasarkan ketentuan dari persamaan SSI, hasil ini menunjukan bahwa silica scaling di jalur brine pipa production optimization unit mungkin terjadi. Berdasarkan hasil penelitian nilai SSI sangat di pengaruhi oleh penurunan temperature di jalur brine membuat nilai SSI di sumur HCE 7C mengalami perubahan, dimana semakin menurunnya temperature maka nilai silica saturation index (SSI) akan semakin tinggi.

References

N. A. P. e. al., “Geothermics, vol. 54,” dalam The behavior of silica in geothermal brine from Dieng geothermal power plant, Indonesia, doi: 10.1016/j.geothermics.2014.12.003, 2015, p. 109–114.

A. W. H. d. K. S. R. Wahyudityo, “Analisis Scaling Silika pada Pipa Injeksi Brine di Lapangan Panas Bumi Dieng dengan Studi Kasus di PT. Geo Dipa Energi,” dalam vol. 2, no. 1, 2013, p. 7–14.

N. N. A. Q. A. H. M. N. C. M. MOCH. ARIL INDRA PERMANA, “KAJIAN POTENSI SILICA SCALING PADA PIPA PRODUKSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (GEOTHERMAL),” Jurnal Unpad, vol. 7, pp. 38-43, 2017.

H. S. A. B. Y. S. S. M. A. R. Akhmad Sofyan, “Analysis of Scale Saturation Index (SSI), Scale Formation Rate, and Scale Formation Time Based on Geothermal Production Well Head Pressure at Well "X",” Indonesian Journal of Energy and Mineral, vol. I, pp. 26-33, 2021.

K. Brown, “Mineral Scaling in Geothermal Power Production,” dalam Geotherm. Train. Programe, no. 39, 2013, p. 1–25.

S. D., “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” Bandung, Bandung, 2013.

Thermochem, “Report of Analysis Tracer Flow Test. In Methods,” 2021.

M. T. K. B. B. D. A. Herianto Herianto, “ANALISA INDIKASI PEMBENTUKAN SCALING BERDASARKAN SIMULASI NUMERIK SUMUR PANAS BUMI,” 2020.

J. S. A. Erlindo C. Angcoy, An Experiment on Monomeric and Polymeric Silica Precipitation Rates from Supersaturated Solutions, Bali, Indonesia, 2010.

R. DiPippo, Geothermal Power Plants, Fourth Edition: Principles, Applications, Case Studies and Environmental Impact, Butterworth-Heinemann, 2016.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Akbar, M. F., Nuriskasari, I., & Hidayati, N. (2023). Analisa Silica Scaling Pada Sistem Dual Flash Production Optimization Unit di PLTP Dieng. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1670–1675. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/501

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>