Analisa Kualitas Minyak Pelumas Terhadap Ketahanan Bearings Turbin di PLTU Ombilin

Authors

  • Sarah Amelia Nurul Izzati Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Jusafwar Jusafwar Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Cecep Slamet Abadi Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

sistem pelumasan, minyak pelumas, viskositas

Abstract

Turbin uap merupakan komponen vital yang berfungsi merubah secara langsung energi panas yang terkandung dalam uap menjadi gerak putar pada poros. Poros turbin ini di kopel dengan poros generator sehingga generator dapat menghasilkan listrik. Ketika turbin berputar maka akan terjadi gesekan antara poros turbin dengan bantalan atau bearing. Hal ini akan menimbulkan panas yang apabila berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan material. Untuk menguranginya, maka diperlukan sistem pelumasan pada turbin uap. Sistem pelumasan turbin uap terdiri dari peralatan utama yang fungsinya menyuplai oli pelumas dengan spesifikasi yang sudah sesuai standar ke komponen bearing. Sistem pelumasan yang baik dapat dilihat dari kinerja pada Lube Oil dan kualitas dari oli yang digunakan. Minyak pelumasan yang menunjukan perubahan kekentalan yang besar terhadap temperature juga akan menunjukan perubahan yang besar dengan perubahan tekanan. Analisa ini dilakukan untuk mengetahui kualitas minyak pelumas terhadap ketahanan bearing. Parameter yang diujikan adalah temperature Lube Oil serta viskositas minyak pelumas dan vibrasi poros. Kualitas minyak pelumas dapat dikatakan kurang bekerja secara maksimal dikarenakan beberapa faktor, yaitu faktor machine, material dan method. Viskositas  yang baik untuk pelumasan adalah 32 mm2/s dan temperature lube oil 50 .

References

Haryadi. (2012). Analisis vibrasi. Jurusan Teknik Politeknik Negeri Bandung

Dr. Vladimir, Vega Falcon. (2019).

Macam-Macam Pelumas Mesin. Diakses pada Juni 25, 2022, dari https://artikel-teknologi.com/macam-macam-pelumas-mesin/

Sifat Penting Minyak Pelumas. Diakses pada Juni 26, 2022, dari. https://fitransyah.wordpress.com/2013/10/20/sifat-penting-minyak-pelumas/

Bina Restituta Barus. (2018). Sistem Pelumasan Pada Turbin Uap. Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Rizkiya, Anindia Octarisa. (2019). Pengaruh Viskositas Pelumas SAE Mono-grade Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Moto.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Nurul Izzati, S. A., Jusafwar, J., & Abadi, C. S. (2023). Analisa Kualitas Minyak Pelumas Terhadap Ketahanan Bearings Turbin di PLTU Ombilin . Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1597–1603. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/492

Most read articles by the same author(s)