Analisa Pengaruh Kerusakan Bearing terhadap Performa Pompa Diesel Fire Fighting PT PJB UP Muara Tawar

Authors

  • Ariyanti Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Amanah Kusumadewi Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Cecep Slamet Abadi Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Adi Syuriadi Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Pompa Fire Fighting, bearing, vibrasi, performa, efisiensi.

Abstract

UP Muara Tawar tentunya harus memiliki sistem pemadam kebakaran untuk mencegah terjadinya kebakaran. Salah satu komponen penting pada sistem pemadam yang berfungsi untuk menyuplai air menuju ke seluruh sistem adalah pompa fire fighting. Pompa tidak dapat bekerja secara maksimal dan mengalami penurunan performa, ketika salah satu komponen contohnya bearing pada pompa mengalami kerusakan. Pada pompa yang digerakkan oleh mesin diesel, terjadi kerusakan di bagian bearing. Oleh karena itu, penulis melakukan analisa penyebab kerusakan bearing dan pengaruhnya terhadap performa pompa diesel fire fighting. Setelah di analisa, kerusakan ini disebabkan karena bearing tersebut mengalami kelonggaran antara ball dan race. Kondisi bearing ini mengakibatkan adanya vibrasi yang tinggi pada pompa. Untuk mengetahui pengaruhnya, maka dilakukan perhitungan efisiensi dengan data seperti tekanan keluar dan debit aliran. Saat terjadi kerusakan bearing, diketahui efisiensi pompa berada di angka 38,7 %. Setelah dilakukannya perbaikan dengan penggantian bearing, vibrasi pompa kembali pada kondisi normal yaitu 8,469 mm/s dan efisiensi pompa mengalami kenaikan yaitu berada di angka 72,99 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, kerusakan bearing yang terjadi mempengaruhi performa pompa diesel fire fighting dengan parameter efisiensi pompa.

References

BPSDM Kementrian PU. (2021). Perencanaan Jaringan Pipa Transmisi dan Distribusi Air Minum. BPSDM Edok, 1–16.

Centre, P. L. (2021). Manual Book Bearing, Seal & Gasket. Arkaresearch Development, 54.

Indra Kurniawan. (2012). Pemilihan Dan Perawatan Bantalan Pada Mesin Uji Tarik Kecil. Tesis Ph. D, Universita, Depok.

Lubis, F., Pane, R., Lubis, S., Siregar, M. A., & Kusuma, B. S. (2021). Analisa Kekuatan Bearing Pada Prototype Belt Conveyor. Journal Mesin Elektro Sipil, 2(2), 51–57.

Prameswari, D. (2014). Pengaruh Perlakuan Panas Dan Penuaan. Repository Unpas, 5–18.

Pratomo, Abdim, M., Handayani, & Utami, S. (2015). Analisa Performa Efisiensi Boiler Feed Pump Turbin Unit 1 Pltu 3 Jawa Timur Tanjung Awar – Awar Tuban. Universitas Diponegoro, 6–18.

Rarianto, E. (2016). Kerusakan Pada Turbin Uap Ubb Vibration Analisys To Detection the Failure of Steam Turbine Ubb Victory Iii At Pt . Petrokimia Gresik.

Zahara, S. (2018). Analisa Permansi Pompa Sentrifugal Dengan Variasi Kecepatan Putaran Mesin Dan Debit Aliran. Teknik Mesin, Universitas IBA, Palembang, 6(2), 102–110.

Plant, M. T. P. (1994). Fire Protection System Training Manuals. UP Muara Tawar. Bekasi.

Adhi, P. M., Muhtadi, A. H., Achmari, P., Sina, Z. I., Aziz, I. J., & Subekti, P. F. (2011). Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner. Institut Teknologi Bandung

Published

2022-12-01

How to Cite

Ariyanti, Kusumadewi, A., Abadi, C. S., & Syuriadi, A. (2022). Analisa Pengaruh Kerusakan Bearing terhadap Performa Pompa Diesel Fire Fighting PT PJB UP Muara Tawar. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 753–761. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/104

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>