Penyebab Penurunan Efektivitas Kondensor pada PLTGU Menggunakan Metode RCA

Authors

  • Krisna Chandra Wijaya Politeknik Negeri Jakarta
  • Cecep Slamet Abadi Politeknik Negeri Jakarta
  • Budi Santoso Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

kondensor, kinerja, Efektivitas, RCA

Abstract

Kondensor memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem produksi energi pada pembangkit tenaga listrik di pabrik semen. Fungsinya adalah mengkondensasikan uap air yang dihasilkan dari turbin dan membuatnya menjadi air pendingin yang dapat digunakan kembali. Namun, seringkali terjadi penurunan efektivitas kondensor yang dapat mengakibatkan penurunan kinerja dan efisiensi keseluruhan PLTGU. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab penurunan efektivitas menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA) untuk mengidentifikasi penyebab utama dari penurunan efektivitas kondensor pada PLTGU. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penurunan efektivitas kondensor yang disebabkan oleh penyumbatan benda asing didalam tube sehingga mengakibatkan adanya penurunan temperatur dan massflow. Dampak dari fenomena tersebut, kondensor mengalami penurunan kinerja.

References

B. Setyoko, “ANALISA EFISIENSI PERFORMA HRSG ( Heat Recovery Steam Generation ) PADA PLTGU,” 56 Traksi, vol. 4, no. 2, p. 31, 2006.

M. Ashar, S. Ihsan, , I., and S. Ramadhan, “Analisis Variabel-Variabel Penentu Cleanliness Factor Dan Performance Factor Untuk Meningkatkan Kinerja Kondensor Unit 1 Pltu Sektor Asam-Asam,” Al-Jazari J. Ilm. Tek. Mesin, vol. 3, no. 2, 2018, doi: 10.31602/al-jazari.v3i2.1622.

A. Rosyada, A. R. Anhar, and I. Silanegara, “Analisis Kinerja Kondensor Unit Iv Sebelum Dan Sesudah Overhaul,” Politeknologi, vol. 16, no. 3, pp. 233–238, 2017.

N. Sri Novi Fitri Yani, R. Rosa Lina, and F. Sains dan Teknologi, “Usulan Perbaikan Efektivitas Kinerja Pekerja Di Departemen Veneer Dengan Menggunakan Overall Labor Effectiveness (Ole) Dan Root Cause Analysis (Studi Kasus : Pt. Asia Forestama Raya),” Majapahit Techno, vol. 5, no. 2, pp. 1–5, 2015.

C. Soekardi, “Teknik Perpindahan Energi Panas Penerapan pada Sistem Termal Instalasi Industri,” 2019.

T. . Sitompul, Alat Penukar Kalor (Heat Exchanger), vol. 4, no. 1. RajaGrafindo Persada, 1993.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Wijaya, K. C., Abadi, C. S., & Santoso, B. (2023). Penyebab Penurunan Efektivitas Kondensor pada PLTGU Menggunakan Metode RCA. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 7–16. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1521

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>