Pengaruh Ash Content Terhadap Ketidak Normalan Parameter ESP Di PLTU Ombilin

Authors

  • Natanael Rudolf Program Studi Pembangkit Tenaga Listrik, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Hasvienda Mohammad Ridlwan Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Cecep Slamet Abadi Program Studi Pembangkit Tenaga Listrik, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

electrostatic precipitator, fly ash, tegangan, fuzzy

Abstract

Electrostatic Precipitator merupakan komponen yang berfungsi untuk menyaring partikel seperti abu dan asap dari gas yang mengalir dengan menggunakan muatan elektrostatis yang diinduksikan. Dari temuan dilapangan, didapat bahwa ada penurunan tegangan, dan didasarkan penelitian terdahulu telah terbukti bahwa hal tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya efisiensi dari ESP. Karena itu penelitian dalam paper ini akan mengkaji tentang kandungan ash content dalam batu bara yang masuk, Pengaruhnya terhadap parameter (Tegangan) pada ESP, dan perbandingan data antara kadar fly ash dengan tegangam. Ketiga kajian tersebut adalah berdasarkan data operasi bulan Febuari - Maret tahun 2022. Pada penelitian ini akan dikemukakan penyebab terjadinya kenaikan, penurunan, persamaan, dan perbedaan dari parameter ESP yang didapat. Data yang ada dimasukan ke dalam permodelan fuzzy logic untuk dilihat hubungannya secara langsung. Setelah dilakukan permodelan, didapatkan hasil bahwa hubungan antara fly ash dengan tegangan adalah berbanding terbalik dengan adanya titik stabil sebelum terjadi penurunan tegangan.

References

N. Afrian, Firdaus, and E. Ervianto, “ANALISA KINERJA ELECTROSTATIC PRECIPITATOR (ESP) BERDASARKAN BESARNYA TEGANGAN DC YANG DIGUNAKAN TERHADAP PERUBAHAN EMISI DI POWER BOILER INDUSTRIPULP AND PAPER,” 2015.

L. M. Muttaqim, A. Trimulyono, E. S. Hadi, and J. T. Perkapalan, “Analisa Electrostatic Precipitator (ESP) Pada Exhaust Dalam Upaya Pengendalian Partikulat Debu Gas Buang Main Engine Kapal Latih BIMASAKTI,” 2015.

Y. Rizal, “ANALISIS ELECTROSTATIC PRECIPITATOR (ESP) UNTUK PENURUNAN EMISI GAS BUANG PADA RECOVERY BOILER.” [Online]. Available: www.flowvision-energy.com

A. Wajiansyah, S. Supriadi, S. Nur, and A. B. Wicaksono P, “Implementasi Fuzzy Logic Pada Robot Line Follower,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 4, p. 395, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201854747.

S. Sitohang and R. Denson Napitupulu, “Fuzzy Logic Untuk Menentukan Penjualan Rumah Dengan Metode Mamdani (Studi Kasus: Pt Gracia Herald),” J. ISD, vol. 2, no. 2, pp. 91–101, 2017.

Winarno, “Analisis Kinerja Electrostatic Precipitator (ESP) Berdasarkan Pembagian Besarnya Arus Transformator di PT. PJB UBJOM PLTU Paiton”.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Rudolf, N., Ridlwan, H. M., & Abadi, C. S. (2023). Pengaruh Ash Content Terhadap Ketidak Normalan Parameter ESP Di PLTU Ombilin. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1422–1430. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/465

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>