ANALISIS KONSUMSI ENERGI PADA SEPEDA MOTOR LISTRIK PROTOTIPE PAUSE -AP1 1,5 kW
Keywords:
Electric motorcycle, Daya MotorAbstract
Energi terbarukan (ET) di sektor transportasi kini menjadi fokus penting dalam upaya mengurangi dampak karbon. Kendaraan listrik (EV), seperti sepeda listrik dan sepeda motor listrik, menjadi pilihan utama untuk mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi. Penelitian ini difokuskan pada sepeda motor listrik dengan motor Brushless Direct Current (BLDC). Efisiensi BLDC dalam menghadapi medan menanjak dan beban penumpang dianalisis secara dinamis. Penelitian ini melibatkan pengujian dinamis sepeda motor listrik dalam berbagai kondisi medan jalan yang melandai dengan elevasi 10° dan 16°, serta variasi berat beban penumpang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa speed mode memiliki dampak yang signifikan terhadap konsumsi energi, dengan rasio tertentu yang lebih efisien dalam mengatasi medan jalan yang menanjak. Hasil ini memberikan panduan bagi pengembangan kendaraan listrik yang lebih efisien dan optimal dalam berbagai situasi. Dalam kesimpulannya, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang performa sepeda motor listrik dalam kondisi nyata, terutama dalam menghadapi medan jalan yang menanjak dan variasi berat penumpang. Hasil analisis konsumsi energi dan performa motor dalam berbagai skenario dapat menjadi dasar untuk pengembangan teknologi kendaraan listrik yang lebih canggih dan ramah lingkungan, berkontribusi pada upaya global dalam mengurangi emisi karbon dan mencapai keberlanjutan lingkungan.
References
M. F. N. Maghfiroh, A. H. Pandyaswargo, and H. Onoda, “Current readiness status of electric vehicles in indonesia: Multistakeholder perceptions,” Sustainability (Switzerland), vol. 13, no. 23. MDPI, Dec. 01, 2021. doi: 10.3390/su132313177.
K. D. Topiwala, “Design and Farbication of Electric Motorcycle; Design and Farbication of Electric Motorcycle.” [Online]. Available: www.ijert.org
C. Botsford1 and A. Szczepanek, “Pengisian Cepat vs. Pengisian Lambat: Pro dan kontra untuk Era Baru Kendaraan Listrik,” 2009. [Online]. Available: www.onlinedoctranslator.com
I. Made Budi Suksmadana, W. Satiawan, W. Warindi, I. Nyoman Wahyu Satiawan, I. Ketut Wiryajati, and I. Bagus Fery Citarsa, “Electric Vehicle (EV) Power Consumption (Battery) On Uphill Road Conditions Smart energi meter View project Machine learning View project Electric Vehicle (EV) Power Consumption (Battery) On Uphill Road Conditions,” vol. 10, no. 1, pp. 72–81, 2023, doi: 10.29303/dielektrika.v10i1.325.
“50819-119478-1-PB (1)”.
Y. Li, X. Shi, and B. Su, “Economic, social and environmental impacts of fuel subsidies: A revisit of Malaysia,” Energy Policy, vol. 110, pp. 51–61, 2017, doi: 10.1016/j.enpol.2017.08.015.
R. M. Putra, M. Zoni, and J. T. Elektro, “Menentukan Performance Baterai LiFePO4 Pada PLTS Menggunakan Battery Management System (BMS).”
N. M. A. Wijaya, I. N. S. Kusumara, C. G. I. Partha, and Y. DDivayana, “Perkembangan Baterai Dan Charger Untuk Mendukung,” Spektrum, vol. 8, no. 1, pp. 15–26, 2021, doi: 10.24843/SPEKTRUM.2021.v08.i01.p3.
R. Siregar et al., “Analisis Konsumsi Daya Sepeda Motor Listrik Beroda Tiga Sebagai Pengembangan Awal Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Penyandang Difabel,” vol. 5, no. 2, 2021.
L. Mao, A. Fotouhi, N. Shateri, and N. Ewin, “A multi-mode electric vehicle range estimator based on driving pattern recognition,” Proc Inst Mech Eng C J Mech Eng Sci, vol. 236, no. 6, pp. 2677–2697, Mar. 2022, doi: 10.1177/09544062211032994.
“16123-42443-1-PB”.
D. Untuk and M. Persyaratan, “ANALISIS KONSUMSI ENERGI PADA SEPEDA MOTOR LISTRIK 3 kW.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 wahid andriansyah wahid, hasvienda M Ridlwan, muslimin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.