PENGARUH VARIASI KECEPATAN TERHADAP NILAI KOEFISIEN UNDERSTEER SEPEDA MOTOR KONVERSI LISTRIK

Authors

  • Hanantya Elganis Politeknik Negeri Jakarta
  • Muslimin
  • Hasvienda Mohammad Ridlwan
  • Daniel Janthinus Kristianto

Keywords:

center of gravity, koefisien understeer, sepeda motor konversi, perilaku belok kendaraan

Abstract

Kendaraan bermotor roda dua telah menjadi bagian penting dari sistem transportasi modern. Dalam upaya untuk mengurangi dampak lingkungan dan untuk mendukung usulan pemerintah, konversi sepeda motor bakar menjadi salah satu alternative menarik. Kegiatan konversi tentunya berpengaruh pada bobot total dan juga letak center of gravity pada sepeda motor setalah dikonversi yang akan berdampak pada keamanan sepeda motor saat berbelok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perubahan letak center of gravity sepeda motor konversi terhadap perilaku belok dari sepeda motor. Penentuan center of gravity dilakukan dengan posisi horizontal dan vertikal, data distribusi massa pada tiap ban sepeda motor dilakukan dengan menggunakan timbangan digital yang selanjutnya data tersebut diolah menggunakan persamaan-persamaan. Parameter input yang digunakan pada penelitian ini yaitu berat yang diterima sepeda motor, kecepatan dari 10 km/jam – 50 km/jam dengan sudut belok 3°. Hasil penelitian didapatkan perilaku belok sepeda motor konversi cenderung mengalami understeer dan netral karena posisi center of gravity yang lebih ke belakang.

References

F. D. Muliawati, “Mau Jadi Raja Baterai, Segini Mobil Listrik Mengaspal di RI,” CNBC Indonesia, 2022. https://www.cnbcindonesia.com/news/20221121184710-4-389965/mau-jadi-raja-baterai-segini-mobil-listrik-mengaspal-di-ri

S. Sadya, “Jumlah Kendaraan di Indonesia Capai 141,99 Juta Unit pada 2021,” DataIndonesia.id, 2022. https://dataindonesia.id/otomotif-transportasi/detail/jumlah-kendaraan-di-indonesia-capai-14199-juta-unit-pada-2021 (accessed Jun. 05, 2023).

F. Paliling and M. M. Lumembang, “Analisis Kinematika Gerak Belok Motor NMAX Berdasarkan Pergeseran Centre Of Gravity (COG),” J. Tek. Mesin Sinergi, vol. 20, no. 2, p. 188, 2022, doi: 10.31963/sinergi.v20i2.3694.

T. R. Pradana and I. N. Sutantra, “Analisa Perilaku Arah Kendaraan dengan Variasi Posisi Titik Berat, Sudut Belok dan Kecepatan Pada Mobil Formula Sapuangin Speed 3,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, 2017, doi: 10.12962/j23373539.v5i2.20476.

M. Triananda, “ANALISIS DAMPAK PERUBAHAN POSISI CENTER OF GRAVITY TERHADAP STABILITAS KENDARAAN TIPE M1,” 2020.

A. H. Al Warim, “ANALISIS PENGARUH KECEPATAN, STEERING ANGLE, BAN DAN KONDISI JALAN TERHADAP EFFECTIVE LEAN ANGLE DAN PERILAKU BELOOK DARI SEPEDA MOTOR YAMAHA YZF R25,” pp. 1–14, 2017.

F. Rahman, A. Syaifudin, and I. N. Sutantra, “Analisis Stabilitas Arah Mobil Toyota Agya G dengan Variasi Jumlah Penumpang, Kecepatan Belok, Sudut Belok dan Kemiringan Melintang Jalan,” J. Tek. ITS, vol. 6, no. 1, 2017, doi: 10.12962/j23373539.v6i1.22170.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Elganis, H., Muslimin, Ridlwan, H., & Janthinus, D. (2023). PENGARUH VARIASI KECEPATAN TERHADAP NILAI KOEFISIEN UNDERSTEER SEPEDA MOTOR KONVERSI LISTRIK . Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 315–319. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1292

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>