Re-desain Komponen Intermediate Reclaimer 32A-RE1 Dengan Pendekatan DFA (Design for Assembly)

Authors

  • Aprila Lintang Suwanto Suwanto Politeknik Negeri Jakarta
  • Muslimin Politeknik Negeri Jakarta
  • Adit Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

Reclaimer, Intermediate, Re-desain, Design for Assembly

Abstract

Reclaimer merupakan salah satu unit yang digunakan pada industri manufaktur semen. Reclaimer berfungsi sebagai alat penggaruk dan penyeragaman awal bahan baku material sebelum kepada proses penggilingan. Pada PT SBI reclaimer yang digunakan untuk material pasir besi, silika, shale yaitu tipe side scraper. Scraper atau penggaruk diputar oleh motor yang sistem penerus daya sprocket dan rantai. Reclaimer memiliki tiga sprocket yang berada di kedua ujung dan tengah (intermediate). Bearing merupakan salah satu bagian penting pada komponen sprocket intermediate. Kerusakan bearing menyebabkan reclaimer tidak dapat beroperasi dan perlu dilakukan penggantian part. Penggatian part bearing dengan waktu yang lama menyebabkan mesin lain menjadi downtime sehingga kerugian biaya semakin tinggi. Oleh karena itu penelitian skripsi ini bertujuan untuk melakukan re-desain komponen intermediate untuk menurunkanm waktu penggantian bearing dengan pendekatan design for assembly. Metode yang digunakan pada penelitian skripsi ini yaitu melakukan analisis masalah, observasi, wawancara, analisis desain for assembly, perancangan, realisasi, Uji coba, dan evaluasi. Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat peningkatan efisiensi desain menjadi 26,7% dan operasi penggantian sebesar 11,9%. Biaya pembuatan komponen berkurang menjadi Rp3.314.222. Total potensi benefit dari hasil implementasi re-desain baru adalah Rp Rp47.156.379.

References

K. P. Shah. Construction, Working and Maintenance of Stackers and Reclaimers for Bulk Materials. Marketing Peralatan sipil Indonesia. (2019)

M. Harnesswala dan S. Jha, Design and Analysis of a Sprocket-Hub Assembly. Department of Mechanical Engineering, Sinhgad Academy of Engineering, Pune, India. (2020)

J. G. R.S.A. Khurmi, Textbook of Machine Design (S.I. Units). Ram Nagar, New Delhi-110 055: Eurasia Publishing House (PVT.) LTD. (2005)

A. L. Suwanto, Rancang Bangun Rotary Screening Limbah Beton Segar di Batching Plant Daan Mogot City. Politeknik Negeri Jakarta, Depok, Indonesia. (2019)

G. Boothroyd, Product design for manufacture and assembly. Computer-Aided Design, vol. 26, no. 7, 505-520. (1994)

Ezpeletaa, D. Justela, U. Bereaua, dan J. Zubelzua, DFA-SPDP, a new DFA method to improve the assembly during all the product development phases. Procedia CIRP 84, 673–679. (2019)

Ezpeletaa, U. Pujanaa, I. Isasab, J. Ayerbeb, dan D. Justel. New design for assembly (DfA) methodology for large and heavy parts assembled on site. Procedia CIRP 100, 145–150. (2021)

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Suwanto, A. L. S., Muslimin, & Aditya Maulana Usman. (2023). Re-desain Komponen Intermediate Reclaimer 32A-RE1 Dengan Pendekatan DFA (Design for Assembly). Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 539–548. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1624

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>