Rancang Bangun Sistem Bill of Material(BoM) Berbasis Website

Authors

  • Elsyifa Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muslimin Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Syukurulla PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

MAC.BOM,SAP,KPI,MySQL

Abstract

PT.Solusi Bangun Andalas adalah salah satu perusahan semen terbesar di Indonesia yang sebagian besar sahamnya dikelola oleh Semen Indonesia Group. Seluruh proses pembuatan semen dari pertambangan hingga pengepakan menggunakan berbagai macam alat. Alat-alat yang digunakan yang digunakan membutuhkan perawatan untuk menjaga ketersediaan dan kehandalan, sehingga proses produksi menjadi optimal. Dapartemen Reliability bertanggung jawab untuk mengoptimalkan perawatan dan perencanaan perusahaan.Kinerja perencanaan dapat dilihat dari hasil penilaian standar Maintenance Cement(MAC).Dari hasil penilaian MAC tahun 2021 di dapatkan nilai-nilai Key performance indicator (KPI) seperti Bill of Material (BoM) tidak mencapai target.Hasil MAC menunjukkan bahwa:BoM belum memunuhi standar yang diharapkan oleh MAC dengan target 90%.Selama ini sistem yang di gunakan pada PT SBA ini menggunakan SAP yang mana yang bisa mengakses sistemnya hanya bisa diakses oleh Planner saja.Oleh karena itu solusi yang di berikan untuk meningkatkan dalam mengupdate setiap perubahan BoM dengan cara membuat sebuah sistem website.yang mana website ini bisa digunakan oleh siapa saja dan ikut serta dalam melengkapi bill of material.Pembuatan website ini di menggunakan MySQL sebagai database server.Pembuatan Website ini berhasil dan aplikasi ini sudah di trial pada PT.SBA. Setelah melakukan uji coba hasil MAC assessment tahun 2022 meningkat menjadi 53%.

References

ISBI, "Maintenance for Cement," in Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, 2019.

Palmer, R.D, Maintenance Planning and Scheduling Handbook, 2006.

Listiawati,2019 Perbaikan Sistem Bill of Material (BoM) Cement Mill Pada Dapartemen Reliability Maintenance.Banda Aceh: Politeknik Negeri Jakarta

Rahmatillah, Sarah. 2021. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Monitoring Walk By Inspection Berbasis android pada Area Crusher. Banda Aceh : Politeknik Negeri Jakarta

Asmara R, SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENANGGULANGAN BENCANA PADA KANTOR BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN PADANG PARIAMAN, vol. 3, pp. 80-81, Desember 2016.

Angelina, "Hubungan PHP dan MySQL," 2020. [Online]. Available: https://redaksi.pens.ac.id/2020/03/31/hubungan-php-dan-mysql-pada-database/. [Accessed 5 April 2021].

“Use Case”, 2016. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf, (4 Mei 2022)

Rouillard, J, "Contextual QR Codes, Proceedings of the Third International Multi-Conference on Computing in the Global Information Technology," 2008. [Online].

Hypertext Transfer Protocol (HTTP), Retrieved from idcloudhost: https://idcloudhost.com/kamus-hosting/http/, 15 juli 2020.

Rohi,A, 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex , 2018.

Hidayahtul, N., "Mengenal Front End dan Back End Developer.," 11 Juli 2011. [Online]. Available: https://fdokumen.com/document/mengenal-front-end-dan-back-end-developer-aplikasi-berbasis-web-server-menggunakan.html.

Evomaya. (N.D.), "DEFINISI DAN FUNGSI HTML (HYPERTEXT MARKUP," [Online]. Available: http://www.evomaya.com/articles/51/definisi-dan-fungsi-html-hypertext-markup-language/.

Efendi. , "Pengertian Bootstrap Beserta Fungsi, Kekurangan, dan Kelebihan Bootstrap.," 3 September 2019. [Online]. Available: nesabamedia.com/pengertian-bootstrap/.

Dasar Javascript. (n.d.)., [Online]. Available: https://developer.mozilla.org/id/docs/Learn/Getting_started_with_the_web/JavaScriPT._basics.

Andre, "Database dan jenis-jenisnya," 2020. [Online]. Available: https://www.merdeka.com/jabar/database-adalah-kumpulan-informasi-di-dalam-komputer-berikut-jenis-jenisnya-kln. [Accessed 5 Juni 2021].

Angelina, "Hubungan PHP dan MySQL," 2020. [Online]. Available: https://redaksi.pens.ac.id/2020/03/31/hubungan-php-dan-mysql-pada-database/. [Accessed 5 April 2021].

Harminingtyas, R, ANALISIS LAYANAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI, MEDIA, 2014.

Arif wicaksana, "Use Case," 2016. [Online]. Available: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf. [Accessed 4 Mei 2021].

Rouillard, J, "Contextual QR Codes, Proceedings of the Third International Multi-Conference on Computing in the Global Information Technology," 2008.

Published

2022-12-01

How to Cite

Elsyifa, Muslimin, & Syukurulla. (2022). Rancang Bangun Sistem Bill of Material(BoM) Berbasis Website. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 266–273. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/39

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>