Analisis Performance Solar Carport On Grid untuk Menurunkan Power Consumption Gedung Administrasi PLTU Adipala Cilacap

Authors

  • Seftian Ardiansyah Politeknik Negeri Jakarta
  • Yuli Mafendro Dedet Eka Saputra Politeknik Negeri Jakarta
  • Muslimin Politeknik Negeri Jakarta
  • Indra Silanegara Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

Indonesia merupakan negara yang terletak di garis khatulistiwa menyebabkan energi surya menjadi salah satu bentuk energi terbarukan yang potensial untuk dikembangkan. Energi surya selain mudah didapatkan dari alam, juga ramah lingkungan yaitu tidak memiliki emisi CO2 sehingga menjadi teknologi andalan di dunia. Selain daripada itu teknologi surya telah dirancang untuk mudah dalam instalasi, operasi, dan perawatan. Dalam hal ini, PLTU Adipala berkomitmen dalam mendukung program pemerintah terkait implementasi pengembangan energi baru terbarukan, letak PLTU Adipala yang berada di pesisir selatan pulau Jawa dengan paparan sinar matahari cukup tinggi serta lahan potensial di area PLTU Adipala masih banyak yang belum dimanfaatkan. Hal ini merupakan potensi energi yang bisa dimanfaatkan untuk sumber energi bersih dan ramah lingkungan. Sementara itu, pemakaian listrik di Gedung Administrasi PLTU Adipala masih 100% di suplai dari listrik PLN, jika solar PV dimanfaatkan dapat menekan biaya tagihan listrik ke PLN.Oleh karena itu, PLTU Adipala mengimplementasikan Solar PV sebagai sumber energi alternatif untuk menurunkan pemakaian sendiri serta mendukung  program pemanfaatan energi baru terbarukan dan efisiensi energi dengan memanfaatkan lahan parkir kendaraan (Solar carport)  di depan gedung Administrasi PLTU Adipala.

References

P. Nunes, R. Figueiredo, and M. C. Brito, “The use of parking lots to solar-charge electric vehicles,” Renewable and Sustainable Energy Reviews, vol. 66, pp. 679–693, 2016.

J. Widodo, “Rencana Umum Energi Nasional Republik Indonesia” in Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2017, Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara, 2017.

H. Asrofi, “Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap oleh Konsumen PT Perusahaan Listrik Negara (Persero),” in Peraturan Menteri ESDM Nomor 49 Tahun 2018, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, 2018

S. Hamdi, “Mengenal Lama Penyinaran Matahari sebagai Salah Satu Parameter Klimatologi, Peneliti Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer,” Berita Dirgantara Lapan, vol. 15, no. 1, pp. 7–15, 2014.

E. E. Ekpenyong and F. I. Anyasi, “Effect of Shading on Photovoltaic Cell,” IOSR J. Elec. Electro. Eng., vol. 8, no. 2, pp. 1–6, 2013.

Buku Do & Don’t's PLTS, Instalasi pemasangan PLTS, 'Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (DJ EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Republik Indonesia, Jakarta, 2018

Panduan Perencanaan dan Pemanfaatan PLTS Atap Indonesia, Indonesia Clean Energy Development II, Jakarta, Juni 2020.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Seftian Ardiansyah, Yuli Mafendro Dedet Eka Saputra, Muslimin, & Silanegara, I. (2023). Analisis Performance Solar Carport On Grid untuk Menurunkan Power Consumption Gedung Administrasi PLTU Adipala Cilacap. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 887–895. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1698

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>