ANALISIS LOST TIME DALAM PROSES COPPER PLATING PADA ULIR PIPA GUNA MENUNJANG AKTIFITAS PRODUKSI PT X MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA)

Authors

  • Abu Bakar Politeknik Negeri Jakarta
  • Rosidi
  • Raden Grenny Sudarmawan

Keywords:

Pelpaisan Logam, Diagram Fishbone, Copper Plating, Root Cause Analysis, Improvement

Abstract

Pelapisan logam (copper plating) adalah proses penambahan lapisan tembaga pada permukaan logam lain atau non-logam. Proses ini digunakan untuk meningkatkan ketahanan korosi, kekuatan mekanis, dan estetika permukaan. Ada beberapa metode yang digunakan dalam proses copper plating, seperti elektrolisis, penyemprotan, dan pengecatan. Selain itu, proses ini juga dapat digunakan untuk menambah lapisan tembaga pada komponen elektronik, alat mekanik, dan peralatan lainnya. Copper plating juga dapat diaplikasikan dalam industri oil and gas, merupakan salah satu metode pelapisan yang sering digunakan untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan pipa, terutama pada bagian ulirnya. Proses ini meliputi pengecatan permukaan ulir pipa dengan lapisan tipis tembaga yang memiliki sifat ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan korosi, sehingga dapat memperpanjang umur pipa dan menjaga kinerjanya. Dengan keuntungan dari peningkatan sifat mekanis pada pipa maupun ulir, banyak perusahaan jasa yang menawarkan jasa untuk melapisi bagian ulir pipa dengan tembaga, salah satunya PT. Revolutek Dananjaya Mandiri telah mengembangkan produk berupa jasa copper plating pada bagian ulir pipa sesuai dengan standard sebagai jasa yang mereka tawarkan.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Bakar, A., Rosidi, & Raden Grenny Sudarmawan. (2023). ANALISIS LOST TIME DALAM PROSES COPPER PLATING PADA ULIR PIPA GUNA MENUNJANG AKTIFITAS PRODUKSI PT X MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA). Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 755–761. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1798

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>