Perancangan Jig dan Fixture untuk Rangka Prototype Sepeda Motor Listrik

Authors

  • Aldo Adrian Alamtra Aldo Adrian Alamtra Politeknik Negeri Jakarta
  • Rosidi
  • Muslimin Al Masta
  • Rachmat Arnanda Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

jig and fixture, DFA, frame

Abstract

Salah satu komponen terpenting pada sepeda motor listrik adalah rangka. Rangka memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan kendaraan saat beroperasi dan sebagai penopang setiap komponen yang dipasang. Untuk mendukung proses produksi pada rangka kendaaran sepeda motor listrik dibutuhkan sebuah alat yang dapat memudahkan proses produksi. Akan tetapi setiap alat yang digunakan untuk proses produksi selalu menyesuaikan terhadap kompleksitas benda kerjanya. Semakin tinggi kompleksitas benda kerja, maka semakin tinggi kompleksitas alat yang digunakan. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dibuat jig dan fixture pada rangka prototype sepeda motor listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat alat yang dapat membantu proses produksi dalam pembuatann rangka prototype dengan menggunakan metode pendekatan Design for Assembly (DFA), yang mana jig dan fixture ini akan dibuat dengan menganalisa kompleksitas produk, kompleksitas proses, dan kompleksitas perakitannya. Hasil akhir dari analisa kompleksitas ini adalah nilai indeks dari setiap variabelnya. Pada penelitian didapatkan nilai indeks kompleksitas produk sebesar 36,63, kompleksitas proses 18,83 serta assembly efficiency sebesar 41,74. Nilai tersebut akan dijadikan sebagai parameter dalam peningkatan efektifitas dan efisiensi proses produksi rangka prototype sepeda motor listrik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk proses produksi pada rangka prototype sepeda motor listrik.

References

A. Fyona, R. Hakim, and A. Afriandi, “Desain Jig & Fixture untuk Break Shoes Sepeda Angin,” J. Teknol. dan Ris. Terap., vol. 1, no. 2, pp. 38–42, 2019, doi: 10.30871/jatra.v1i2.1361.

A. Suwandi, A. D. Cahyo, and ..., “Manufaktur Konstruksi Rangka Sepeda Motor Listrik Kapasitas 3 kW,”.pdf

“rancangan alat bantu jig dan fixture pembuatan kemasan jenis standing pouch.pdf.”

B. C. Tjiptady, R. Z. Rahman, R. F. Meditama, and G. Widayana, “Jig and Fixture Redesign for Making Reamer on Head Cylinder,”

E. Guanabara, K. Ltda, E. Guanabara, and K. Ltda

C. Chikwendu Okpala, “The Design and Need for Jigs and Fixtures in Manufacturing,” Sci. Res., vol. 3, no. 4, p. 213, 2015, doi: 10.11648/j.sr.20150304.19.

R. Adhiharto, H. S. Nugroho, G. Kiswanto, D. T. Mesin, F. Teknik, and U. Indonesia, “Pengembangan Model Penilaian Kompleksitas Proses Manufaktur Produk Pressed Part,” no. Snttm Xi, pp. 16–17, 2012.

W. H. ElMaraghy and R. J. Urbanic, “Modelling of manufacturing systems complexity,” CIRP Ann. - Manuf. Technol., vol. 52, no. 1, pp. 363–366, 2003, doi: 10.1016/S0007-8506(07)60602-7.

T. Suhartati, “No Title.

“(Boothroyd) Product Design for Manufacture and Assembly.pdf.”

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Aldo Adrian Alamtra, A. A. A., Rosidi, Al Masta, M., & Arnanda, R. (2023). Perancangan Jig dan Fixture untuk Rangka Prototype Sepeda Motor Listrik. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 237–246. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1703

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>