Rancang Ulang Mesin Pengiris Singkong Horizontal Kapasitas 20 kg/jam

Authors

  • Taufik Firmansyah Politeknik Negeri Jakarta
  • Hamdi Politeknik Negeri Jakarta
  • Yohannes Patrick Politeknik Negeri Jakarta
  • Moch Syujak

Keywords:

desain, Perancangan, daya

Abstract

 

Pengolahan hasil produk singkong salah satunya dengan proses pembuatan keripik. Dalam proses pembuatan keripik dibutuhkan alat pemotong singkong yang efisien sehingga produk yang dihasilkan memiliki ukuran ketebalan yang seragam. Tujuan desain dari alat ini adalah memberdayakan kinerja usaha dari cara tradisional menjadi relatif lebih maju sehingga mampu berproduksi secara optimal dan dapat meningkatkan kualitas produk yaitu keripik singkong yang berukuran besar dan tebal yang sama. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya potong singkong dan mengetahui rancangan dari mesin perajang singkong yang efisien dan mampu menentukan metode perajangan singkong yang tepat, mampu menentukan rangkaian transmisi mesin dan mampu menentukan daya motor motor listrik yang diperlukan mesin. Penelitian ini didasarkan pada referensi beberapa artikel, pengambilan sampel dan mencatat kebutuhan customer, dengan metode yang digunakan yaitu diagaram alir. Hasil dari perancangan mesin pengiris singkong yang dilakukan yaitu didapatkan hasil kapasitas mesin yang dibutuhkan oleh customer yaitu 20kg/jam dengan metode perajangan atau pengirisan yang tepat dan rancangan mesin pengiris singkong yang efisien dan harga yang kompetitif di pasaran.

References

Basuki. Dayanto. (2022). Teori dan Aplikasi Elemen Mekanik Teknik Mesin.

Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Budiyanto. (2012). ”Perancangan Mesin Perajang Singkong”. Skripsi.

(Diakses 11 April 2023).

Dharmawan, Adam Husein. Arbi Putra Prakoso. (2016). ”Rancang Mesin Palletizing extruder Dust” di Politeknik Negeri Jakarta. Tugas Akhir, 30 - 80.

Khurmi. R. S, Gupta. J. K. (2005). A Text Book of Machine Design. New Delhi: Eurasia Publishing House.

Nur, Rusdi. Suyuti, Muhammad Arsyad. (2018). Perancangan Mesin-Mesin

Industri.Yogyakarta: Deep Publish.

Purnomo, Jeremia Gracius. Muhammad Rizal Rizki Hansyah. (2017). “Rancang Bangun Mesin Perajang Singkong Untuk Keripik Dengan Satu Pendorong Berbasis Bandul”. Skripsi. (Diakses 23 Mei 2023).

km

Sularso. Suga, Kiyokatsu. (2008). Dasar Perancangan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT. Kresna Prima Persada.

Yudha, Vendhitias. Nanang Nugroho. (2020). ”Rancang Bangun Mesin

Perajang Singkong dengan Pendorong Pegas”. Jurnal Teknik Mesin. (Diakses 11 April 2023).

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Taufik Firmansyah, Hamdi, Yohannes Patrick, & Moch Syujak. (2023). Rancang Ulang Mesin Pengiris Singkong Horizontal Kapasitas 20 kg/jam. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 672–680. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1553

Most read articles by the same author(s)