Studi Kasus Penyebab Center Tank Low Pressure pada Pesawat B737-800

Authors

  • Muhammad Kharisma Ramadhan Program Studi Teknik Mesin dan Konsentrasi Perawatan Rangka dan Mesin Pesawat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Hamdi Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

fuel system, center tank, booster pump, low pressure, maintenance action

Abstract

Center tank adalah bagian dari aircraft fuel system yang bertugas untuk menyimpan dan menyuplai bahan bakar yang dibutuhkan mesin pesawat untuk menghasilkan gaya dorong (thrust). Masalah yang sering terjadi pada center tank adalah terjadinya kegagalan low pressure yang disebabkan oleh beberapa faktor. Pada penelitian ini, dilakukan studi kasus untuk mencari tahu akar permasalahan dari penyebab center tank low pressure pada pesawat B737-800 serta cara penanganannya. Metode yang digunakan menggunakan metode penelitian diagram fishbone yaitu merupakan suatu teknik penggambaran dengan analisa cause and effect. Berdasarkan hasil penelitian pada penyebab center tank low pressure, ditemukan bahwa komponen center tank boost pump paling sering menyebabkan kegagalan center tank low pressure. Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan penggantian komponen sesuai dengan Aircraft Maintenance Manual (AMM) dan Fault Isolation Manual (FIM).

References

PT. XYZ (2022) Pilot Report B737-800. Tangerang.

The Boeing Company. (2022). Aircraft Maintenance Manual (AMM) B737-800 Chapter 28 Fuel.

The Boeing Company. (2022). Aircraft Maintenance Manual (AMM) Schematic Diagram System B737-800 Chapter 28 Fuel.

The Boeing Company. (2022). Fault Isolation Manual (FIM) B737-800 Chapter 28 Fuel.

Komaraadjie, Muhammad Diaz Amelza. (2020). Analisis Penyebab Low Pressure Pada Main Tank Booster Pump Boeing 737-800 milik PT Garuda Indonesia.

Published

2022-12-01

How to Cite

Ramadhan, M. K., & Hamdi. (2022). Studi Kasus Penyebab Center Tank Low Pressure pada Pesawat B737-800. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 100–107. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/18

Most read articles by the same author(s)