Perancangan Pneumatic Transport System Cement Kiln Dust dari Dust Bin Menuju Fly Ash Bin

Authors

  • Audretha Pasha Firdaus Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Dianta Mustofa Kamal Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur, Politeknik Negeri Jakarta
  • Agustinus Herwibawanto PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

Perancangan, sistem transport pneumatik, Cement Kiln Dust (CKD), pipa

Abstract

Perancangan sistem transport pneumatik untuk mengganti truck bulk didasari oleh penggunaan truck bulk yang kurang efektif untuk mentransport Cement Kiln Dust (CKD) ke Finish Mill. Permasalahan yang ditimbulkan dari penggunaan truck bulk untuk mentransport CKD adalah jumlah CKD yang ditransport tidak maksimal dan biaya sewa truck bulk per bulannya terlalu tinggi. Maka dari itu, dibutuhkan solusi untuk mengganti penggunaan truck bulk menjadi sistem transport pneumatik. Langkah yang dilakukan untuk dapat menyelesaikan perancangan ini adalah dengan mencari informasi alat, pemilihan konsep desain, perancangan dan evaluasi. Dengan dirancangnya sistem transport pneumatik ini diharapkan dapat memaksimalkan konsumsi CKD di Finish Mill dan juga menghilangkan biaya sewa truck bulk. Berdasarkan hasil perhitungan, besar daya blower yang dibutuhkan untuk menggerakan sistem transportasi pneumatik berkapasitas 30 tph dengan diameter pipa 10 inch dan total panjang pipa 210,6 m adalah 43,4 kW. Nilai tersebut sudah diperhitungkan dengan memperhatikan jumlah belokan pipa dan besarnya head loss serta pressure drop yang terjadi di dalam pipa.

References

Nursahid, 16 Desember 2021. [Online]. Available: https://www.cnzahid.com/2021/12/tabel-pipa-sch-20-sch-40-dan-std-steel.html. [Diakses 30 Juli 2022].

D. Mills, Pneumatic Conveying Design Guide (Second Edition), 2004.

e. a. Mia Rastiyanti, “Modifikasi Dedusting System pada Bucket Elevator 392-BE1 untuk Meningkatkan Efisiensi Bag Filter 392-BF1,” dalam Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, Cilacap, 2021.

P. D. NeitonPilpelB.Sc., “Powders—gaseous, liquid and solid,” Endeavour, vol. 6, no. 4, pp. 183-188, 1982.

Seo, Minhye et. all., “Recycling of Cement Kiln Dust as a Raw Material,” pp. 12–20, 2017.

Sularso dan Tahara, H., “Pompa dan Kompressor : Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan,” Jakarta : Pradnya Paramita, 2000.

Klinzing, George E., “Encyclopedia of Physical Science and Technology (Third Edition),” 2003.

Berk, Zeki, “Food Process Engineering and Technology,” 2009.

Fuller-Kinyon® Pump: Dry Material Line Charger, 2010.

Nowak, Sharon, “Dense-Phase Conveying,” 2012.

Published

2022-12-01

How to Cite

Firdaus, A. P., Kamal, D. M., & Herwibawanto, A. (2022). Perancangan Pneumatic Transport System Cement Kiln Dust dari Dust Bin Menuju Fly Ash Bin. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 888–895. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/127

Most read articles by the same author(s)