Rancang Bangun Receiving Data Integration System and Visualization at AFR Narogong

Authors

  • Bery Deanova Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Noor Hidayati Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Niin PT Solusi Bangun Indonesia
  • Adi Selamat R. PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

Penginputan Data, Verifikasi Data, Integrasi Data, Receiving, Visualisasi.

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini adalah merancang dan membangun sebuah sistem integrasi data receiving dengan cara mengintegrasikan data receiving limbah antara tim RO dan tim PRO guna menghilangkan re-work dan mengurangi tingkat kesalahan yang terjadi saat proses penginputan data receiving sedang berlangsung yang disebabkan oleh metode manual dan human erorr. Kemudian menyajikan data tertentu kedalam bentuk grafik guna mendapatkan informasi tambahan dari data receiving. Membuat sistem receiving data integration dengan metode semi-otomatis dan juga membagi user menjadi dua bagian yaitu bagian menginput data dan bagian memverifikasi data. Sistem ini berbasis Microsoft Access yang pemodelannya telah dirancang menggunakan UML serta menggunakan VBA. Sistem ini meningkatkan efisiensi waktu kerja sebesar 83.33% untuk proses penginputan data receiving limbah B3 dan 56.70 % untuk proses penginputan data receiving limbah Non B3. Kemudian data limbah yang telah di input kedalam sistem tersebut divisualisasikan atau disajikan menggunakan Microsoft Power BI.

References

“Tentang Kami, Profil Perusahaan,” [Online]. Available: https://solusibangunindonesia.com/#.

P. Proses and K. Divisi, “PANDUAN PROSES KOMERSIAL DIVISI AFR,” pp. 1–50.

F. Latif and A. W. Pratama, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Elektronik (E-Arsip) Berbasis Microsoft Access Pada PT. Hi-Test,” J. Akuntansi,Ekonomi dan Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 21–31, 2015, [Online].

L. Siadnyani, “Analisa Integrasi Data Sinta (Science and Technology Index) Menggunakan Website Internasional Dengan Manajamen Sistem Informasi Eis ( Executive Information System),” J. Phys. Ther. Sci., vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2018, [Online].

A. Kholis, G. Joko-bell, and K. Ericson, “Unified modeling language,” no. 10.

I. J. James Rumbaugh, The Unified Modeling Language Reference Manual, vol. 53, no. 9. 2013.

B. Setyawan, “Power BI Dashboard Visualization and Forecasting Number of Dengue Hemorrhagic Fever Cases in Malang Regency Using Artificial Neural Network Method,” Skripsi Inst. Teknol. Sepuluh Nop., pp. 15–16, 2017, [Online]. Available: http://repository.its.ac.id/42554/1/5213100011-Undergraduate_Theses.pdf.

I. Perdana, “Rancang Bangun Sistem Enterprise Resource Planning Pada Modul Inventory And Warehouse Management Berorientasikan Multi-Tenancy Dengan Distributed Database,” 2016.

Imuji, “Pengertian Microsoft Access,” [Online]. Available: https://imujio.com/pengertian-microsoft-access/.

A. D. Nurismayani, “Perancangan Sistem Informasi Tabungan Siswa Di Ra At- Taqwa Dengan Menggunkan Vb.Net Dan Ms.Access,” 2017.

Published

2022-12-01

How to Cite

Deanova, B., Hidayati, N., Niin, M., & Selamat R., A. (2022). Rancang Bangun Receiving Data Integration System and Visualization at AFR Narogong. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 564–573. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/80

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>