Reverse Engineering Chain Link 532-AF1 Untuk Menjalankan Kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)

Authors

  • Mima Arofatin Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Seto Tjahyono Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Syahputra Oktojunaswar PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

Reverse engineering, Apron feeder, Chain link, TKDN

Abstract

Reverse engineering merupakan proses menganalisa suatu produk yang sudah ada sebagai dasar untuk membuat ulang produk yang sejenis. PT Solusi Bangun Indonesia pabrik Tuban melakukan reverse engineering untuk mensubstitusi penggunaan spare part yang semula impor ke spare part lokal. Dalam Tugas Akhir ini penulis melakukan reverse engineering pada chain link apron feeder 532- AF1. Berdasarkan SAP harga penawaran chain link OEM pada tahun 2021 mencapai Rp.200.000.000 untuk per 1 set dengan waktu pesan 9-12 bulan. Dengan terlaksananya proses reverse engineering ini dapat mengurangi pengeluaran biaya untuk pembelian chain link dan efisiensi waktu. Proses reverse engineering pada chain link juga dapat mendukung kebijakan pemerintah mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Pada April 2022 terhitung TKDN yang didapat dari hasil Reverse engineering chain link sebesar 1.07%.

References

Prosedur Implementasi Peningkatan Pemakaian Produk Dalam Negeri (P3DN) SIG

Section 2, 2015. ASME Boiler and Pressure Vessel Code An International Code,

Verlag Europa Lehrmittel. “Mechanical and Metal Trades Handbook 1st Edition”. Nourney GmbH & Co . Germany

Company profile PT Indonesia magma chain [online] available: https://imchain.co.id/documents/Company%20Profile%20IMC.pdf . Diakses pada 21 Mei 2022.

Pramono,Agus. 2011.Jurnal Ilmiah Teknik Mesin,cakra M Vol. 5 No.1. Karakterisrik Mekanik Proses Hardening Baja Aisi 1045 Media Quenching Untuk Aplikasi Sprochet Rantai. [online]. Available :

https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/download/2346/1551 diakses pada 10 Januari 2022

Styawan, Rifandi Dwi. 2021. “Pengaruh Proses Carburizing Dengan Variasi Holding Time Terhadap Sifat Fisik Dan Mekanik Dari Bearing Non-Pabrikan Resmi Sepeda Motor”. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Wibowo, Ganang Fitrianto. 2016. “Perancangan Ulang Produk Pti 1 Menggunakan Metode Reverse engineering”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyono, Bambang, Mrihrenaningtyas dan Abdul Hamid. 2016. “Perancangan Dan Analisis Kekuatan Frame Sepeda Hibrid “Trisona” Menggunakan Software Autodesk Inventor”. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Published

2022-12-01

How to Cite

Arofatin, M., Tjahyono, S., & Oktojunaswar, M. S. (2022). Reverse Engineering Chain Link 532-AF1 Untuk Menjalankan Kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 519–527. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/75

Most read articles by the same author(s)