Modifikasi Chute dan Skirt Board di L21-BC 3 Untuk Mengurangi Dust Spillage dan Potensi Belt Sobek

Authors

  • Fendi Saputra Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Seto Tjahyono Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Essa Abubakar Wahid PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

Belt Conveyor, Skirt Board, Rubber Skirt, Debu Batubara, Chute

Abstract

Belt conveyor merupakan salah satu alat transportasi material dalam industri semen. L21-BC3 adalah belt conveyor yang difungsikan sebagai alat pengangkut bahan bakar pembuatan semen berupa batubara dari stock pile menuju coal mill. Permasalahan yang terjadi pada L21-BC3 yaitu Dust Spillage batubara yang terbentuk karena laju udara dalam hood yang tinggi dan kohesifitas rendah. Dust Spillage dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan, isu kesehatan bagi pekerja dan potensi kebakaran. Selain itu potensi Belt sobek karena material tajam dan keras seperti liner dan plat yang jatuh dari chute. Untuk mengatasi permasalahan tersebut akan dilakukan redesign ulang skirtboard dan chute. Modifikasi skirtboard dan mengganti Rubber skirt dengan model Double seal lalu memodifikasi chute dengan mengganti material dual plate dan memasang pin gate. Modifikasi profil dan penampang Skirtboard akan mengurangi laju dan proses pembentukan debu. Pemilihan model rubber skirt double seal akan meminimalkan debu yang keluar dari skirt board. Sedangkan Modifikasi chute dapat menghilangkan potensi liner chute jatuh dan merusak Belt, penambahan pin gate juga akan menghalangi material tajam dan keras yang akan menimpa Belt secara langsung sehingga kerusakan belt dapat diminimalisir.

References

Bakhtiar, Setiawan. (2018). Modifikasi Skirtboard Untuk Mengurangi Debu Batubara Di Area L21-BC3. Retrieved from

Cecala AB, O’Brien AD, Schall J, Colinet JF, Franta RJ, Schultz MJ, Haas EJ, Robinson J, Patts J, Holen BM, Stein R, Weber J, Strebel M, Wilson L, and Ellis M. Pittsburgh PA. (2019). Dust control handbook for industrial minerals mining and processing (2 ed.). USA: Department of Health and Human Services, Centers for Disease Control and Prevention, National Institute for Occupational Safety and Health, DHHS (NIOSH).

MarteenEngineering. (2009). FOUNDATION The practical resources for Cleaner, Safer, More productive dust & Material Control.

Setiawan, Alfian Fahmi. (2020). Modifikasi Skirtboard Untuk Mengurangi Tumpukan Debu Batubara Pada L22-BC 1. Retrieved from

Sukandarrumidi. (1995). Batubara dan gambut. Yogyakarta Gadjah Mada University Press.

Sukandarrumidi. (2006). BATUBARA DAN PEMANFAATANNYA : PENGANTAR TEKNOLOGI BATUBARA MENUJU LINGKUNGAN BERSIH: Gadjah Mada University Press.

Solutions, Conveyor (Producer). (2022). Conveyor Belt.

Published

2022-12-01

How to Cite

Saputra, F., Tjahyono, S., & Wahid, E. A. (2022). Modifikasi Chute dan Skirt Board di L21-BC 3 Untuk Mengurangi Dust Spillage dan Potensi Belt Sobek. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 1223–1232. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/173

Most read articles by the same author(s)