Modifikasi Curved Belt 672-BC 2 untuk Mengatasi Masalah Belt Slip di Area Palletizer

Authors

  • Ilham Rusdianto Agustino Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Seto Tjahyono Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Wisda Nugroho PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

Gravity Roller, Bag Stuck, Palletizer, Curve Belt, TKDN

Abstract

Gravity roller merupakan alat transportasi yang bertujuan untuk mengangkut  kantung semen dari 672-BC1 menuju 672-BC3 dengan arah lintasan 90 derajat yang memanfaatkan gaya gravitasi dengan sudut kemiringan tertentu. Permasalahan yang sering terjadi pada 672-BC2 adalah terjadinya belt slip akibat dari bebarapa faktor yaitu bag malang, belt drift, inner guide roller stuck, link belt kendur sehingga terjadi belt slip, akibatnya packer-palletizer diharuskan stop produksi untuk melakukan maintenance dengan rata-rata durasi maintenance 3 jam, dengan total kerugian produksi yang dialami adalah 6840 kantung semen per kasus.Modifikasi gravity roller bertujuan untuk mengurangi potensi terjadinya bag stuck dan menghilangkan penggunaan energi listrik. Dengan sudut kemiringan 34.2° dan total roller yang digunakan sebanyak 38 roller dimana kantung semen dengan berat 40 kg ditopang oleh 18 roller dengan waktu tempuh kantung semen untuk menuju 672-BC3 adalah 1,77 detik selisih 0,1 detik lebih cepat dari desain sebelumnya dengan menggunakan link belt. Selain itu, modifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan nilai TKDN PT Solusi Bangun Indonesia sesuai anjuran pemerintah yang diatur dalamPERMEN-PERIN No.03/M-IND/PER/1/2014.

References

ABB. (18-07-2022). Technical Information System. Available: http://hc-tb-tis-srv/km/

Polysius, "Process Flowsheet," ed, (2012).

A. Spibakovsky and V. Dyackhov, "Conveyors and Related Equipment," (1966).

S. S. Mondol, "Gravity Roller Conveyor Design," Department of Mechanical Engineering Heritage Institute of Technology, (2017).

M. D. A. Y., P. M. V. L., and D. N. G. Narve, "Critical Time –Motion and Economic Analysis of Linear and Rotary Gravity Conveyor for application One man multi-machine setup as low cost automation in material handling," 2018, vol. 2, no. 3.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Agustino, I. R., Tjahyono, S., & Nugroho, M. W. (2023). Modifikasi Curved Belt 672-BC 2 untuk Mengatasi Masalah Belt Slip di Area Palletizer. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1984–1993. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/541

Most read articles by the same author(s)