Konsep Desain Welding Fixture K Horizontal Bracing

Authors

  • Neng Mustika Dewi Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Rosidi Rosidi Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Asep Yana Yusyama Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Welding, Fixture, K bracing, Toggle Clamp, Stopper

Abstract

K horizontal bracing merupakan salah satu bagian struktur conveyor yang penting dan berjumlah banyak. Proses instalasi manual cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama, sehingga diperlukan alat bantu dalam proses pengelasannya. Oleh karena itu dibuatlah desain alat bantu pengelasan dan mensimulasikan stopper yang didesain. Observasi pengematan lapangan dalam pemasangan struktur conveyor dan studi literatur dalam mengumpulkan data yang berkaitan. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara merancang sebuah metode baru yaitu dengan membuat alat bantu pengelasan dari K Horizontal bracing. Solusi ini dapat mengatasi penyebab permasalahan bagian material, method, machine, dan man. Berdasarkan hasil analisa kebutuhan desain, maka dipilihlah konsep desain yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi dan simulasi dilakukan pada stopper yang dipilih. Salah satu desain ini dilengkapi dengan 2 macam toggle clamp, salah satu kepala toggle dimodifikasi agar miliki gaya tekan yang merata. Desain yang dipilih ini mudah untuk difabrikasikan, dilakukan perawatan, safety, mudah dipindahkan dan mudah dioperasikan sehingga dapat memudahkan operator dalam proses pengelasan K bracing. Hasil simulasi stopper dari konsep desain yang terpilih, dinyatakan aman dengan gaya yang bekerja sebesar 3785.3069(N).

References

H. Sonawan and R. Suratman, Pengantar Untuk Memahami Proses Pengelasan Logam, 2nd ed. CV Alfabeta, (2006).

I. T. Nelwan et al., “Respon Dinamis Bangunan Bertingkat Banyak dengan Soft First Story dan Penggunaan Braced Frames Element terhadap Beban Gempa,” vol. 6, no. 3, pp. 175—188, (2018).

P. H. Joshi, Jigs and fixtures : design manual, 2nd ed., (2003).

J. T. Suci Rahmawati SY, Industri, F. Teknik, and U. Andalas, “Perancangan Fixture Proses Gurdi Untuk,” pp. 75—80.

P. Technology and A. Elahe, “Abstract :,” Desain weldiing Fixt. sample parts user Man. motoman XRC Weld. Robot, (2017).

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Dewi, N. M., Rosidi, R., & Yusyama, A. Y. (2023). Konsep Desain Welding Fixture K Horizontal Bracing. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1966–1975. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/539

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>