Pengaruh Jarak Tempuh Sepeda Motor Terhadap Nilai Viskositas Pelumas SAE 10w-40 dengan Metode Ostwald

Authors

  • Ikbaar Fadilah Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • R. Grenny Sudarmawan Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Asep Yana Yusyama Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Pelumas, Kualitas, Viskometer Ostwald, Viskositas, Jarak Tempuh

Abstract

Saat ini sepeda motor di Indonesia adalah pilihan transportasi yang paling banyak digunakan. Hal itu dikarenakan sepeda motor lebih mudah didapatkan. Walaupun mudah didapatkan, sepeda motor perlu perawatan seperti penggantian pelumas secara rutin. Namun, masyarakat masih sering kebingungan dalam memilih pelumas yang baik. Pelumas yang baik dapat dilihat dari nilai viskositasnya. Oleh karena itu penilitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh jarak tempuh sepeda motor terhadap viskositasnya dan mengetahui batas kelayakan pakai dari tiga merek pelumas. Viskositas pelumas ditentukan dengan menghitung waktu pelumas mengalir dan membandingkan dengan data fluida pembanding memakai viskometer kapiler yaitu viskometer ostwald. Viskositas pelumas paling tinggi pada setiap pengukuran yaitu pada merek Enduro Racing. Penurunan viskositas paling baik yaitu pada pelumas Encuro Racing dengan penurunan viskosita 21,12%. Pelumas Castrol Power1 tidak layak dipakai ketika viskositasnya kurang dari 23,3 cP. Pelumas Revol Racing tidak layak ketika viskositasnya kurang dari 22,67 cP. Sedangkan pelumas Enduro Racing tidak layak ketika kurang dari 24,8 cP.

References

Badan Pusat Statistik, “Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit) 2018-2020” 2021.

J. Jama, Teknik Sepeda Motor Jilid 3 Smk. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah, 2008.

M. Arisandi, Darmanto, and T. Priangkoso, “ANALISA PENGARUH BAHAN DASAR PELUMAS TERHADAP VISKOSITAS PELUMAS DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR,” Momentum, vol. 8, no. 1, pp. 56–61, 2012.

L. R. A. Syahdanni, “Studi Eksperimen Pengaruh Temperatur dan Viskositas Pelumas Terhadap Performa Kendaraan Transmisi Manual (Honda Sonic 150R),” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 2, 2018, doi: 10.12962/j23373539.v7i2.33447.

G. N. Nugraha, “Analisa Kelayakan Umur Pakai Minyak Pelumas Federal Oil Ultratec SAE 20W-50 Berdasarkan Viskositas Kinematik dan Total Base Number Pada Sepeda Motor Honda SupraX 125,” Diploma thesis, Inst. Teknol. Sepuluh Nopember., 2018.

L. Laila, “Kaji Eksperimen Angka Asam Dan Viskositas Biodiesel Berbahan Baku Minyak Kelapa Sawit Dari Pt Smart Tbk,” J. Teknol. Proses dan Inov. Ind., vol. 2, no. 1, pp. 3–6, 2017, doi: 10.36048/jtpii.v2i1.2245.

I. Rakhmawati, A. R. Y. E. Yanti, and S. T. Rahayu, Buku Penuntun Praktikum Farmasi Fisika. Jakarta: Universitas Esa Unggul, 2016.

E. . Booser, Tribology Data Handbook : An Excellent Friction, Lubrication and Wear Resource, 1st ed. Amerika: CRC Press, 1997.

Published

2022-12-01

How to Cite

Fadilah, I., Sudarmawan, R. G., & Yusyama, A. Y. (2022). Pengaruh Jarak Tempuh Sepeda Motor Terhadap Nilai Viskositas Pelumas SAE 10w-40 dengan Metode Ostwald. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 1067–1073. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/156

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>