Analisa Peredaman Kabin Mobil Menggunakan Lapisan Material Rockwool, Glasswool, Dan Greenwool Dengan Sabut Kelapa

Authors

  • Renaldi Fikri Arsa Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • R. Grenny Sudarmawan Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Separator, Flowmeter, Interlock, Bearing

Abstract

Salah satu cara untuk mengurangi kebisingan suara yang masuk kedalam kabin mobil yaitu dengan menambahkan peredam pada mobil. Penambahan peredam pada mobil bertujuan untuk membuat kabin mobil terasa lebih senyap. Terdapat beberapa jenis peredaman serta beragam material insulasi bunyi yang biasa digunakan sebagai lapisan peredaman kabin mobil. Tujuan penelitian yaitu menganalisis dengan melakukan pengujian berupa pemasangan material rockwool, glasswool, serta greenwool sebagai lapisan peredaman kabin yang dipadukan dengan sabut kelapa dan diletakan pada doortrim mobil. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat bantu decibel meter untuk mengetahui keras suara yang masuk kedalam kabin setelah pemasangan peredam. Hasilnya, kombinasi material rockwool ketebalan 15 mm dengan sabut kelapa ketebalan 5 mm dapat meredam suara bising hingga 49,5 dB dengan rata-rata 49,77 dB. kombinasi material glasswool ketebalan 15 mm dengan sabut kelapa ketebalan 5 mm dapat meredam suara bising hingga 48,8 dB dengan rata-rata 49,23 dB. Sedangkan peredaman terbaik didapatkan oleh kombinasi material greenwool ketebalan 15 mm dengan sabut kelapa ketebalan 5 mm, yaitu 48,8 dB dengan rata-rata 48,9 dB. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi material peredaman greenwool dengan sabut kelapa adalah material peredaman terbaik karena material greenwool aman bagi Kesehatan dan mempunyai insulasi bunyi yang paling baik.

References

P. D. Trevor Cox, Acoustic Absorbers and Diffusers. CRC Press.

Mineral Wool or Mineral Cotton. New York: Appleton’s Annual Cyclopedia and Register of Important Events of the Year 1891, 1892.

C. Commission, V. House, S. Row, M. Macdonald, and V. House, “Alternatives to Glass Mineral Wool Alternatives to Glass Mineral Wool,” vol. 44, no. 0, 2004.

R. Eriningsih, M. Widodo, R. Marlina, and B. B. Tekstil, “Baku Serat Alam Manufacture and Characterization of Natural Fibers Sound,” Arena Tekst., vol. 29, no. 1, pp. 1–8, 2014.

C. Breazeal, “The Auditory System,” Des. Sociable Robot., pp. 1–16, 2018, doi: 10.7551/mitpress/2376.003.0010.

Published

2022-12-01

How to Cite

Arsa, R. F., & Sudarmawan, R. G. (2022). Analisa Peredaman Kabin Mobil Menggunakan Lapisan Material Rockwool, Glasswool, Dan Greenwool Dengan Sabut Kelapa. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 602–610. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/84

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>