Rancang Bangun Sistem Database Crusher Berbasis Web di Departemen Quarry PT Solusi Bangun Andalas

Authors

  • Sultan Akbar Riansyah Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Hasvienda Mohammad Ridlwan Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Yasar PT Solusi Bangun Indonesia
  • Bayan Novrian PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

Quarry, Crusher, Website, Database

Abstract

Quarry merupakan tempat penambangan bahan baku pembuatan semen. Material hasil tambang akan diangkut dengan dump truck dan dibuang ke hopper crusher untuk dihancurkan menjadi ukuran yang lebih kecil. Proses dumping dipantau dan dicatat oleh operator crusher pada formulir ritase, formulir ini nantinya akan dikirim ke quarry engineer untuk divalidasi dan diarsipkan. Apabila formulir ritase tidak dikirim pada hari yang sama sebelum jam kerja berakhir, maka validasi dan pengarsipan data akan dilakukan keesokan harinya sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam proses entri data. Karena tidak ada salinan data lain, persentase kemungkinan kehilangan data akan lebih tinggi jika keterlambatan pengiriman terus terjadi. Solusi yang diberikan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat tempat penyimpanan data yang berisi data ritase pada sebuah website yang mudah untuk diakses. Website ini dirancang dengan bantuan framework Visual studio code dan Mysql sebagai database server. Dengan adanya website ini operator akan dapat dengan mudah menginput data, data input juga akan langsung terhitung dan dikirim ke database sehingga quarry engineer dapat melakukan validasi data dengan lebih mudah.

References

LafargeHolcim. 2016: Inventory Management.

Kurniawan, Y.J.E.M.K., Jakarta, Aplikasi Web Database dengan PHP dan MySQL. 2002. 1.

Julianto, A., LKP: Rancang Bangun Sistem Database pada Website PT Surya Globalindo Sejahtera. 2021, Universitas Dinamika.

Angelina, O.N.R. Hubungan PHP dan MySQL pada Database. 2020; Available from: https://redaksi.pens.ac.id/2020/03/31/hubungan-php-dan-mysql-pada-database/.

Kurniawan, A. Database adalah Kumpulan Informasi di Dalam Komputer, Berikut Jenis-jenisnya. 2020; Available from: https://www.merdeka.com/jabar/database-adalah-kumpulan-informasi-di-dalam-komputer-berikut-jenis-jenisnya-kln.html.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Riansyah, S. A., Ridlwan, H. M., Yasar, M., & Novrian, B. (2023). Rancang Bangun Sistem Database Crusher Berbasis Web di Departemen Quarry PT Solusi Bangun Andalas . Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1801–1809. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/519

Most read articles by the same author(s)