Optimasi Persediaan Critical Spare Part dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Berbasis VBA Area Finish Mill NAR 1 Narogong Plant

Authors

  • Shopia Utari Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Tri Widjatmaka Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • M. Avid Fasamsi PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

Persediaan, Critical Spare Part, Economic Order Quantity (EOQ), VBA

Abstract

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) sebagai produsen semen di Indonesia dalam menjaga kelancaran produksinya berupaya dengan memperhatikan keandalan mesin produksi melalui penentuan kegiatan perawatan yang tepat. Spare part diperlukan sebagai komponen pendukung dari mesin utama dalam melakukan kegiatan perawatan atau pemeliharaan (maintenance). Critical spare part adalah spare part yang harus selalu tersedia karena digunakan untuk mesin-mesin produksi yang kritikal. Mesin kritikal apabila mengalami kerusakan mampu menghentikan proses produksi dan menimbulkan kerugian yang lebih besar. Oleh karena itu, ketersediaan critical spare part mesin menjadi hal yang penting.  Persediaan critical spare part perlu dikendalikan karena memiliki nilai aset yang perlu dijaga. Pada penelitian ini, perhitungan dilakukan mengacu pada metode Economic Order Quantity (EOQ) dengan tujuan akhir untuk menentukan nilai minimum dan maksimum stok dengan biaya total persediaan yang optimal. Penelitian yang dilakukan pada 8 item critical spare part tipe V1 pada area Finish Mill NAR 1 PT. SBI menghasilkan tingkat persediaan optimal dengan menggunakan metode EOQ dalam sistem aplikasi yang berbasis VBA bernama Inventory Management Application. Hasil perbandingan biaya total persediaan menunjukkan bahwa metode EOQ mampu memberikan penghematan rata-rata sebesar 25,08% dari biaya total persediaan dengan sistem yang digunakan oleh perusahaan saat ini.

References

I. A. D. Bintari and A. Wintarti, "Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) dengan Backorder untuk Optimalisasi Persediaan Bahan Baku Pakan Ternak," Jurnal Ilmiah Matematika, vol. 7, no. 3, pp. 155-162, 2019.

S. A. Rachmawati, L. Syafirullah and M. Faiz, "Perancangan Sistem Pengendalian Persediaan Barang Menggunakan Metode EOQ dan ROP Berbasis Web," Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6, vol. 6, no. 1, pp. 778-786, 2020.

F. R. &. C. R. B. Jacobs, Operations and Supply Chain Management, United Kingdom: McGraw Hill Education, 2014.

LafargeHolcim, Inventory Management, 2016.

Y. Wicaksono and S. Kantor, Belajar Sendiri VBA Macro Excel, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2021.

J. Heizer and B. Render, Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, Jakarta: Salemba Empat, 2015.

E. M.-G. a. A. E.-S. a. (. P. Cortes, "Enhancing Synergies in a Collaborative Environment," 2015.

R. H. Pratama, L. Andrawina and E. B. Setyawan, "Minimasi Biaya Persediaan Raw Material Non-metal untuk Komponen Fuselage Helicopter Ec-725 dengan Menggunakan Metode EOQ Multi-items Deterministik di PT. XYZ," E-Proceeding of Engineering, vol. 8, no. 5, pp. 7089-7095, 2021.

I. N. Pujawan, Supply Chain Management, Surabaya: Guna Widya, 2005.

B. Sugeng, Manajemen Keuangan Fundamental, pp. 90-92.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Utari, S., Widjatmaka, T., & Fasamsi, M. A. (2023). Optimasi Persediaan Critical Spare Part dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Berbasis VBA Area Finish Mill NAR 1 Narogong Plant . Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1735–1743. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/510

Most read articles by the same author(s)