Rancang Bangun Rangka Thermoelectric Generator Dengan Fresnel Lens dan Solar Tracker

Authors

  • Husain Husain Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Benhur Nainggolan Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Indra Silanegara Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Termoelektrik, Matahari, Perancangan Rangka, Peltier

Abstract

Energi listrik merupakan kebutuhan dasar dalam mendorong segala jenis aktivitas roda kehidupan manusia, Oleh karena itu energi listrik begitu sangat diperlukan keberadaannya bagi kehidupan baik untuk beraktivitas sehari-hari maupun untuk yang lainnya. Pemanfaatan energi alternatif yang ramah lingkungan salah satunya adalah dengan mengembangkan teknologi generator termoelektrik yang menggunakan lensa fresnel sebagai media untuk memusatkan energi panas agar mampu memanaskan modul peltier. Prinsip dasar generator termoelektrik adalah mengubah energi panas menjadi energi listrik secara langsung dengan memanfaatkan perbedaan suhu dua sisi peltier yang terjadi di lingkungan. Pada rancang bangun ini, generator termoelektrik memanfaatkan panas dari matahari untuk memanaskan sisi panas dari peltier. Penelitian ini bertujuan untuk merancang rangka dari generator termoelektrik agar mampu menyangga komponen-komponen yang dipakai pada rancang bangun ini. Adapun metodologi atau tahapan dalam perancangan alat ini adalah pembuatan model rancangan, penentuan dan perhitungan dimensi rangka, Dari hasil pembuatan dapat dilihat bahwa rangka mampu menyangga setiap komponen-komponen termoelektrik.

References

Tim Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, “Indonesia Energy Out Look 2019” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699 (2019).

Al Fikri, Hafidh Abdurrohman, Efektifitas “Modul Perltier TEC1-12706 sebagai Generator dengan Memanfaatkan Energi Panas dari Modul Peltier”, Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta (2016).

O.H.A.Junior, N.H.Calderon dan S.Silva De Souza, “Characterization of a thermoelectric generator (TEG) system for waste heat recovery,” Energies, vol. 11, no. 6, (2018).

H. Mulyastuti, S. Sutopo, and A. Taufiq, “Identifikasi Resource Siswa Materi Kesetimbangan dan Titik Pusat Massa,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 5, (2018).

R. S. Khurmi dan J. K. Gupta, “Textbook of Machine Design”, Eurasia Publising House, New Delhi (2005).

Muhammad Nur Fauzi, “Sistem Transmisi Rantai Pada Purwarupa Kursi Roda Lincah UNS”, Tugas Akhir, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (2018).

M. A. Rozik, “Mesin Pengayak Pasir Menggunakan Autodesk Inventor 2019, (2019).

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Husain, H., Nainggolan, B., & Silanegara, I. (2023). Rancang Bangun Rangka Thermoelectric Generator Dengan Fresnel Lens dan Solar Tracker. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1512–1520. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/480

Most read articles by the same author(s)