Studi Kasus Penyebab APU Low Oil Pressure Pada Pesawat B737-800

Authors

  • Muhammad Daffa Ramadhan Syahputra Program Studi Teknik Mesin, Konsentrasi Perawatan Rangka dan Mesin Pesawat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Benhur Nainggolan Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

Auxilary Power Unit atau biasa disebut APU adalah suatu alat yang berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan dan listrik di dalam pesawat. Pada dasarnya APU ini adalah sebuah mesin turbin kecil yang terletak pada bagian tail section (bagian ekor) dari pesawat. Perbedaan dengan mesin utama pesawat adalah putaran pada APU ini konstan sebesar 48.000 RPM sementara mesin utama pesawat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. APU juga memiliki Batasan ketinggian untuk dihidupkan yaitu 41.000 RPM. Udara bertekanan yang di hasilkan APU dapat digunakan untuk sistem air conditioning dan starting engine. Salah satu permasalahan pada APU adalah, APU Surging. Penelitian ini membahas studi kasus dari masalah tersebut dan bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan APU Surging. Salah satu penyebab dari APU Surging adalah terjadinya kerusakan actuator pada inlet guide vane.

References

Boeing Company, Training Manual Module B737-800 Chapter 49 Auxiliary Power Unit, 2018.

Boeing Company, Fault Isolation Manual (FIM) B737-800, 2017.

Boeing Company, Aircraft Maintenance Manual (AMM) B737- 800 Chapter 49 Auxiliary Power Unit, 2019.

Fikri Miftahul Lutfi, STUDI KASUS NO BLEED PADA APU PESAWAT B737-800 MILIK PT.XYZ, 2021 https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2277/2/Isi%20Bab%202%20s.d%20Bab%204%20Tugas%20Akhir%20Luthfi%20Miftahul%20Fikri.pdf (Juli 2022)

Pranpanca Adi, STUDI KASUS MASALAH RAM AIR DOOR PADA AIR CONDITIONING PESAWAT BOEING 737-800, 2021 https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2040/2/ISI%20prapanca%20adi.pdf (April2022)

Published

2022-12-01

How to Cite

Syahputra, M. D. R., & Nainggolan, B. (2022). Studi Kasus Penyebab APU Low Oil Pressure Pada Pesawat B737-800. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 247–252. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/36