Perancangan Gearbox Reclaimer Coal L32-RE1

Authors

  • Rio Adhitya Firmansyah Program Studi Teknik Mesin, Konsentrasi Rekayasa Industri Semen, Politeknik Negeri Jakarta
  • Sidiq Ruswanto Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Rahmat Pujianto PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

gearbox reclaimer coal, poros, pasak,kopling, perancangan.

Abstract

Reclaimer Coal L32-RE1 merupakah alat transport utama untuk memenuhi kebutuahan raw coal sebagai bahan bakar pembakaran pada Kiln. Jika terjadi masalah pada reclaimer, kebutuhan raw coal dipenuhi oleh loader secara manual namun hanya dapat melakukan feeding 65% dari jumlah normal. Berdasarkan data kerusakan equipment di PT SBI, kerusakan gearbox reclaimer coal termasuk kedalam kategori repetitive failure yaitu kerusakan dengan intensitas tinggi. Tercatat ada 13 data notifikasi kerusakan pada reclaimer coal periode Juni 2021-Febuari 2022, 60% diantaranya terjadi pada bagian gearbox blade scrapper. Kerusakan tersebut didominasi pada bagian pasak poros pinion dan motor yang sering aus dan deformasi. Jika terus dibiarkan maka hal ini dapat menimbulkan kerugian berupa kerusakan yang lebih parah pada gearbox dengan estimasi harga gearbox se-tipe yaitu Rp 630.000.000,-. Untuk itu, perlu dilakukan perancangan tipe poros baru dari hollow menjadi solid pada poros input gearbox. Selain itu, perancangan kopling perlu dilakukan untuk mencegah beban kejut yang berlebih pada poros input gearbox. Metode perancangan dimulai dengan analisa kebutuhan, memahami mekanisme kerja alat, perhitungan kekuatan, penentuan ukuran, pembuatan desain dan gambar rancangan, selesai. Hasil perancangan gearbox berupa desain poros pinion dengan panjang 384 mm dan diameter terkecil poros pinion sebesar 70 mm. Material yang digunakan yaitu VCN 150 / AISI 4340. Selain itu, tipe kopling yang digunakan sesuai perhitungan perancangan yaitu jenis flekxibel kopling Rupex RWS 228 dengan diameter hub poros pinion sebesar 70 mm dan hub poros motor sebesar 65 mm.

References

Ervin Khariri, Muhamad. 2019. “Rancang Bangun Koneksi pada Flange Kopling Hammer Crusher 212-HC1”. Tugas Akhir (PNJ).

GTZ.1993.Tables for Mechanical and Metal Trade Handbook.Federal Republic of Germany:Germany

Khurmi, R.S., Gupta, J.K. 2005. A Textbook Of Machine Design. New Delhi: Eurasia Publishing House (PVT.) LTD.

Sularso, Kiyokatsu Suga.2004 Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta. : PT. Pradya Paramitha.

Vyas, H.G. 2018. Comparative Study of Hollow Shaft and Solid Shaft for the Application in Eight Speed Gearbox. Senior Assistant Professor, Mechanical Engineer Department : Government Engineering College Bhavnagar.

Published

2022-12-01

How to Cite

Firmansyah, R. A., Ruswanto, S., & Pujianto, R. (2022). Perancangan Gearbox Reclaimer Coal L32-RE1. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 199–209. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/31

Most read articles by the same author(s)