Analisa Pemilihan Material, Pengujian Serta Biaya Produksi pada Mesin Pemotong Daging dengan Ketebalan 3-10 mm

Authors

  • Danang Permana Sidiq Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Tatun Hayatun Nufus Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Fitri Wijayanti Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Pemilihan Material, Pengujian Mesin, Biaya Produksi

Abstract

Mesin pemotong daging dengan ketebalan 3-10 mm merupakan alat bantu untuk kebutuhan umkm dengan basis daging iris maupun daging dengan ketebalan tertentu. Dalam perancangannya dibutuhkan pemilihan material yang sesuai dengan kebutuhan mesin agar mesin dapat bekerja secara optimal. Pemilihan material dilakukan berdasarkan faktor-faktor yang sudah ditetapkan. Terdapat 3 faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan material, yaitu ketersediaan material, sifat material yang sesuai dengan kondisi penggunaan, dan harga dari material. Kemudian, mesin pemotong daging dengan ketebalan 3-10 mm yang sudah dibangun akan dilakukan pengujian. Pengujian dilakukan dengan menghitung waktu pemotongan untuk daging deengan berat 100 gr, lalu daging hasil dari pengujian tersebut diukur ketebalannya. Setelah itu, diperhitungkan biaya produksi dari sebuah mesin pemotong daging dengan ketebalan 3-10 mm serta biaya konsumsi listrik yang digunakan untuk pemakaian 1 bulan.

References

S. Klaten, Pemilihan Material dan Proses, Cilegon, 2021.

R. S. Khurmi dan J. K. Gupta, A Textbook of Machine Design, New Delhi: Eurasia Publishing House, 2005.

Sularso dan K. Suga, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Jakarta: PT Pradnya Paramita, 2008.

Sumarji, “Studi Perbandingan Ketahanan Korosi Stainless Steel Tipe SS 304 dan SS 201 Menggunakan Metode U-Bend Test Secara Siklik Dengan Variasi Suhu dan PH,” Jurnal Rotor, p. Volume 4 Nomor 1, 2011.

R. Saputra dan A. Widjayanto, “Analisis Perbandingan Kekuatan Tarik Connecting Rod Asli dengan Imitasi Pada Sepeda Motor,” Program Studi Teknik Industri, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Jakarta Selatan , 2019.

E. Budimulyani dan D. M. Bhakti, Teknologi Bahan, Depok: PNJ Press, 2013.

Published

2022-12-01

How to Cite

Sidiq, D. P., Nufus, T. H., & Wijayanti, F. (2022). Analisa Pemilihan Material, Pengujian Serta Biaya Produksi pada Mesin Pemotong Daging dengan Ketebalan 3-10 mm. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 1290–1297. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/183

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>