Analisis Penyebab Penurunan Kinerja High Pressure Pump pada Sistem Reverse Osmosis

Authors

  • Mohamad Tazkia Fatihaturizqi Azhari Mahasiswa
  • Dianta Mustofa Kamal
  • Vina Nanda

Keywords:

High pressure pump, reverse osmosis, preventive maintenance checklist

Abstract

High pressure pump adalah salah satu komponen dari sistem reverse osmosis yang berfungsi mendorong air yang telah melalui proses filtrasi ke dalam membran semipermeabel untuk memisahkan zat pelarut dan zat terlarut. Seiring penggunaannya, high pressure pump dapat mengalami penurunan kinerja. Jika terjadi penurunan kinerja pada high pressure pump, maka air akan sulit untuk melewati membran semipermeabel sehingga kapasitas produksi air akan menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab penurunan kinerja high pressure pump, dan menentukan tindakan pencegahan untuk mengatasi terjadinya penurunan kinerja high pressure pump pada sistem reverse osmosis. Metode yang digunakan untuk mencari penyebab penurunan kinerja pada high pressure pump ini adalah dengan root cause analysis (RCA) menggunakan metode fishbone diagram berdasarkan data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi lapangan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penurunan kinerja pada high pressure pump diakibatkan oleh kebocoran pada mechanical seal, melemahnya daya pada motor, dan terjadi keausan pada piston. Faktor penyebab kerusakan pada komponen tersebut disebabkan oleh mekanik yang tidak mengikuti manual book, ketiadaan inspeksi rutin dan monitoring, dan tidak adanya preventive maintenance checklist. 

References

Abdul Muis, Muchsin, & Muhammad Hasan Basri. (2019). Karakteristik Kavitasi Pada Pompa Sentrifugal. Jurnal Mekanikal, 10.

Almufid, & Rudi Permadi. (2020). Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Studi Kasus Proyek Ipal Pt.Sumber Masanda Jaya Di Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah Kapasitas 250 M2/Hari. Jurnal Teknik : Universitas Muhammadiyah Tangerang, 9.

Adrian Daniarsyah. (2021, November). Jenis-jenis pompa, Klasifikasi, Fungsi dan Penggunaan. Wira.

Ade Wahyu. (n.d.). Buku Pompa Fan.

Aulia J, & Handayani, S. U. (2013). Perbandingan Karakteristik Pompa Sentrifugal Tipe Idb–35 Dengan Pengaturan Kapasitas Metode Throttling Dan Variasi Putaran (Comparative Characteristics Of Centrifugal Pump Type Idb-35 By Setting Capacity Throttling Method And Variations Round). Doctoral Dissertation, D3 Teknik Mesin Fakultas Teknik.

Anonim. (2022). Maintenance adalah Pemeliharaan, Kenali Tujuan dan Fungsinya. Run System. https://runsystem.id/id/blog/maintenance-adalah/

Asy’ari Daryus. (2019). Manajemen Perawatan Mesin. TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DARMA PERSADA JAKARTA.

D. Ariyant, I. N. W. (2011). Aplikasi Teknologi Reverse Osmosis Untuk Pemurnian Air Skala Rumah Tangga. Teknik, 33(3), 193.

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI

Dixon S.L. and Hall C.A. 1998. “Fluid Mechanics and Thermodynamics of Turbomachinery”. Elsevier.

Garud R. M., Kore S. V., Kore V. S., & Kulkarni G. S. (2011). A Short Review on Process and Applications of Reverse Osmosis. Universal Journal of Environmental Research and Technology, 1(233–238).

Juran, J. M. (1999). Juran’s Quality Handbook (5th ed.).

Jane Kucera. (2015). Reverse Osmosis : Industrial Processes and Application (2rd Edition). Scrivener Publishing LCC.

Khin Cho Thin, Mya Mya Khaing, & Khin Maung Aye. (2008). Design and Performance Analysis of Centrifugal Pump. World Academy of Science, Engineering and Technology, 45.

Kalogirou S.A. (2005). Seawater Desalination Using Renewable Energy Sources. Progress in Energy and Combustion Science, 31(242–281).

Ling Mustain. (2020). Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1).

Mohamad, A. R. (n.d.). Penyebab Penurunan Kinerja Pompa Sentrifugal Terhadap Pendingin Mesin Induk.

Made Pura Riana. (2023). Pentingnya Memilih High Pressure Pump yang Tepat untuk Kebutuhan Sistem RO. Mapurna Utama.

Made Pura Riana. (2021). Reverse Osmosis: Apa Komponennya dan Bagaimana Cara Kerjanya? Mapura Utama.

Manzini, R. (2010). Maintenance for Industrial System. London

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Razak, R. (2017). Usulan Perawatan Komponen Pada Unit Off-Highway Truck 793c Dengan Metode RCM (Studi Kasus: PT. Trakindo Utama, Batu Hijau) . Doctoral Dissertation, University of Muhammadiyah Malang.

Sularso, & Haruo Tahara. (2000). Pompa dan Kompresor (Edisi Ketujuh). PT Pradnya Paramita.

Satrio Utomo. (2016). Definisi pompa dan klasifikasi pompa. http://satrioutomo2016.blogspot.com/2017/02/defenisi-pompa-dan-klasifikasi- pompa.html?m=1,

Sudirman Lubis, Irfansyah Siregar, & A M Siregar. (2020). Karakteristik Unjuk Kerja 2 Pompa Sentrifugal Dengan Susunan Seri Sebagai Turbin Pat. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur Dan Energi, 3(2), 85–92.

Sarjito. (2014). Makalah Pompa Reciprocating Piston. About Engineering.

S. Lee, M. Elimelech, C.Booa, S. Honga, (2010):,” Comparison of fouling behavior in forward osmosis (FO) and reverse osmosis (RO)”, Journal of Membrane Science,365, 34–39

Siregar, Indra Herlamba, S.T, M.T. 2013. POMPA SENTRIFUGAL. Surabaya : Unesa University Press.

Sorimuda Harahap, & Muhammad Iqbal Fakhrudin. (2018). Perancangan Pompa Sentrifugal untuk Water Treatment Plant Kapasitas 0,25 m3/s pada Kawasan Industri Karawang. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jakarta.

Winston. (2022, January 2). Mengenal Multistage Pump Secara Umum dalam Industri. Winston Engineering.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Fatihaturizqi Azhari, M. T., Dianta Mustofa Kamal, & Vina Nanda. (2023). Analisis Penyebab Penurunan Kinerja High Pressure Pump pada Sistem Reverse Osmosis. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 350–360. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1559