Rancang Bangun Ulang Oven Pengering Listrik

Authors

  • Marwan Johan Hutajulu Politeknik Negeri Jakarta
  • Dianta Mustofa Kamal Politeknik negeri jakarta
  • Yuli Mafendro Dedet Eka Saputra Politeknik negeri jakarta

Keywords:

Oven, Pengering, Rancang bangun, Efesiensi, Perpindahan panas, pengujian oven

Abstract

Oven pengering listrik adalah oven yang menggunakan listrik sebagai sumber energi untuk menghasilkan panas oven, tenaga listrik sebagai daya utama yang menggerakkan heater dan pengendali oven. Kondisi oven saat ini masih memiliki kekurangan. Hasil evaluasi dari penelitian pada oven yang diperoleh bahwa oven tersebut belum diketahui nilai efisiensi termalnya, belum adanya saluran pengeluaran kondensat, dan belum memiliki panel kontroler yang cukup baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja dari oven tersebut, bersadarkan hasil evaluasi tersebut perlu menambahkan isolator, sehingga heat loss dari oven akan semakin kecil sehingga suhu di luar oven juga akan lebih dingin, dan juga menambahkan saluran pengeluaran kondensat agar kondensat bisa keluar, sehingga tidak penyebab oven berkarat, dan juga memodifikasi panel kontroler agar bisa mengatur suhu stabil, mengatur waktu, serta mengetahui informasi daya. Dari hasil perhitungan, efisiensi dari oven dengan isolator asbes sebesar 81,3% sedangkan oven dengan isolator asbes dan ceramic fiber dapat mencapai 86,9%.  

References

Subandi, Suparman, & Sukiyaki. (2015). Modifikasi Oven Bekas sebagai Alat Pengering Multi Fungsi. Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Lampung, 7(2), 77–144.

Husaini, F., Syafriadi, S., & Mustaqimah, M. (2022). Uji Kinerja Mesin penyangrai biji kopi tipe rotary drum dengan penambahan isolator. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 7(1), 582–589. https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i1.19151

Widiaswanti, E., Yunitarini, R., Novianti, T., & Kartiningsih, A. (2023). Investigasi Kajian Kinetik Pengeringan Jahe dalam Pembuatan Simplisia. Jurnal Serambi Engineering, VIII(1), 4413–4421.

Aqil, & Rachmat. (2016). Bab 1 Klasifikasi Dan Mekanisme Perpindahan Panas. In Bahan Ajar Perpindahan Panas 1 (PP. 1–11).

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Hutajulu, M. J., Dianta Mustofa Kamal, & Yuli Mafendro Dedet Eka Saputra. (2023). Rancang Bangun Ulang Oven Pengering Listrik. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 663–671. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1538

Most read articles by the same author(s)