MODIFIKASI OVEN LISTRIK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA

Authors

  • Linggar Kahpy Rizky Mahasiswa
  • Seto Tjahyono
  • Mochammad Tendi N R
  • Amalina Shomami

Keywords:

Oven listrik, redesign, efisensi termal, saluran kondensat, panel kontrol.

Abstract

Oven existing memiliki kekurangan pada performa oven, yang disebabkan oven belum memiliki kontruksi saluran pengeluaran kondensat sehingga berkarat, termokontro ler belum bisa mengatur suhu dengan stabil, belum terdapatnya timer waktu dan kwh meter dan efisiensi termal pada oven belum diketahui. Dari analisa tersebut dilakukan metode pemecahan masalah yaitu melakukan perhitungan efisiensi termal untuk mengetahui efisiensi termal kondisi existing, selanjutnya perlu dilakukan penambahan isolator, redesign pada kontruksi oven dengan  membuat saluran pengeluaran kondensat agar oven tidak berkarat, pergantian termokontroler, dan menambahkan timer waktu untuk mengatur waktu pengeringan, serta kwh meter untuk mengetahui informasi daya pada oven saat melakukan pengeringan sehingga meningkatkan performa pada oven. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa oven dengan mengatasi beberapa kekurangan pada kondisi existing. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi langsung dengan melakukan redesign dan pengujian langsung pada oven. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan hasil perhitungan efisiensi termal dari oven sebelum dimodifikasi sebesar 77,4% sedangkan oven setelah dimodifikasi mencapai 91,6% yang menunjukan peningkatan pada efisiensi termal, oven memiliki saluran pembuangan kondensat yang  mencegah terjadinya karat, hasil lainnya oven memiliki termokontroler, timer waktu, dan kwh meter, sehingga membuat oven memiliki suhu yang stabil pada suhu 40℃-60℃ serta dapat mengatur waktu dan mengetahui daya yang diperlukan selama proses pengeringan.

References

Rini, G. A. (2021). Re-Design Oven Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Cara Kerja (thesis). Politeknik Negeri Jakarta.

Tampubolon, M., Gultom, R. G., Siagian, L., Lumbangaol, P., & Manurung, C. (2020). Laju Korosi Pada Baja Karbon Sedang Akibat Proses Pencelupan Pada Larutan Asam Sulfat (H2SO4) dan Asam Klorida (HCl) dengan Waktu Bervariasi. Sprocket Journal of Mechanical Engineering, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.36655/sproket.v2i1.294

Aderibigbe. (2018). Rancang Bangun Pengering Jahe Tipe Oven Denagan Sistem Kontrol Logika Fuzzy Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno. Energies, 6(1), 1–8.

Septiana., T. (2019). Analisis Efisiensi Termal Mesin Oven Rotary Pada Proses Pengeringan Bahan Dasar Roti. Vol 10 No 1 (2019): Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 444–448.

Mursadin, A., & Subagyo, R. (2016). Perpindahan Panas I Hmkk 453. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat, 1–51.

Widiaswanti, E., Yunitarini, R., Novianti, T., & Kartiningsih, A. (2023). Investigasi Kajian Kinetik Pengeringan Jahe dalam Pembuatan Simplisia. Jurnal Serambi Engineering, VIII(1), 4413–4421.

Shell, A. (2016). Studi Eksperimental Pengaruh Kecepatan Aliran Udara Ventilasi Terhadap Efektivitas Pengugunaan Kalor Oven Energi Listrik Untuk Proses Pengeringan Daun Kersen.

Prihatin, J. Y., Kustanto, H., Pambudi, S., & Maulindra, S. (2020). Kualitas Laju Panas Konveksi Pada Mesin Oven Kompor Rotary. Jurnal Teknika, 6 (4), 6–11.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Linggar Kahpy Rizky, Seto Tjahyono, Mochammad Tendi N R, & Shomami, A. (2023). MODIFIKASI OVEN LISTRIK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 328–338. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1495