Optimasi Efektivitas Belt Weigh Feeder di L61-WF1 Dalam Rangka Mendorong TKDN

Authors

  • Aida Nur Aviva Politeknik Negeri Jakarta
  • Seto Tjahyono
  • Tia Rahmiati

Keywords:

Weigh feeder, belt conveyor, SBE, Superscrew, TKDN

Abstract

Weigh feeder L61-WF1 merupakan alat transpor serta alat timbang material yang digunakan untuk menimbang Coal dan SBE(Spent Bleaching Earth).  Weigh feeder L61-WF1 memiliki design close loop dengan tipe belt fire resistance. Frekuensi kerusakan belt tersebut tidak efisien dibanding dengan harga dan delivery time original belt. Sehingga perlu dilakukan pemilihan penggantian belt dengan melakukan perubahan spesifikasi tipe belt yang disesuaikan dengan sifat material. Selain itu, waktu penggantian belt cukup lama karena belt menggunakan metode join endless. Sehingga, perlu dilakukan penggantian metode join belt untuk menurunkan waktu penggantian. Penggantian dilakukan dengan mengkaji pengaruh coal dan SBE terhadap belt. Sehingga, hasil eksesuksi dapat dibandingkan kekurangan dan kelebihannya dari setiap tipe belt dan tipe join yang digunakan pada periode bulan November 2022 hingga Juli 2023. Penggantian pertama menggunakan belt tipe oil resistance-210 tanpa sirip dengan join super screw EVO-40 dilanjutkan penggantian kedua menggunakan tipe belt oil resistance dengan konfigurasi sirip serta menggunakan metode join endless. Penggantian jenis belt dan tipe join berhasil mengurangi frekuensi penggantian belt pada waktu yang tidak direncanakan menurun sebesar 74,29%, mengurangi cost pembelian sebesar 79%, mengurangi overtime pengadaan sparepart menjadi kurang dari 10 minggu, dan mencapai nilai TKDN.

Kata-kata kunci: Weigh feeder, belt conveyor, SBE, Superscrew, TKDN

References

I. I. A. Habibi, S. Siswoko, and R. I. Putri, “Kontrol Kecepatan Weigh Feeder Pada Sistem Konveyor Menggunakan Metode Pid,” J. Elektron. dan Otomasi Ind., vol. 3, no. 1, p. 99, 2020, doi: 10.33795/elkolind.v3i1.72.

T. H. E. Effects, O. F. Oil, O. N. Rubber, and O. I. L. R. Testing, “TECHNICAL INFORMATION BULLETIN OIL RESISTANT BELTING,” vol. 31, no. 0, pp. 64–65.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Aviva, A. N., Seto Tjahyono, & Tia Rahmiati. (2023). Optimasi Efektivitas Belt Weigh Feeder di L61-WF1 Dalam Rangka Mendorong TKDN. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 430–439. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1820