Pengaruh Debit Penyemprotan Oil Mist, Kecepatan Potong, dan Feed Per Tooth Terhadap Kekerasan Saw Blade pada Pemotongan Baja S45C

Authors

  • Nur Afifah Aulia Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Nugroho Eko Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Pelumasan Alat Potong, Oil Mist, Kecepatan Potong, Kekerasan Material, Saw Blade

Abstract

Dalam proses pemotongan baja yang dilakukan di PT. X, terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan pengaturan debit penyemprotan oli dalam sistem oil mist pada mesin circular sawing serta standar nilai kecepatan potong dan feed per tooth yang spesifik untuk setiap grade baja yang dipotong. Dalam penelitian ini, solusi untuk masalah-masalah tersebut difokuskan untuk pemotongan baja S45C. Metode pengambilan data yang digunakan adalah simple random sampling melalui pengukuran suhu dan waktu pemotongan serta uji kekerasan mata potong saw blade. Variabel-variabel penelitian ini antara lain kecepatan potong, feed per tooth, banyaknya percikan oli, suhu dan waktu pemotongan, dan kekerasan mata potong saw blade. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah perubahan kecepatan potong, feed per tooth, dan debit penyemprotan oli memengaruhi perubahan suhu pemotongan dan tingkat kekerasan mata potong saw blade. Di sisi lain, persamaan regresi yang dibuat bersifat signifikan sehingga dapat digunakan untuk menentukan nilai kecepatan potong, feed per tooth, dan debit penyemprotan oli, yang menghasilkan suhu pemotongan optimal untuk pemotongan baja S45C sebesar 43.91 oC dalam kondisi kecepatan potong 126.11 m/menit, feed per tooth 0.04 mm/tooth, dan debit penyemprotan oli 5.53 x 10-4 L/detik, yang didapatkan dari jumlah penyemprotan oli 60 pulse/minute.

References

Wang Xiaoming et al., Vegetable Oil-Based Nanofluid Minimum Quantity Lubrication Turning: Academic Review and Perspectives, Journal of Manufacturing Process 59 (2020)

Mohamed Elfil dan Ahmed Negida, Sampling Methods in Clinical Research: An Educational Review, Emergency 5 (2017)

M. Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta (2017)

Iwan Hermawan, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Method. Hidayatul Quran, Kuningan (2020)

Gun Mardiatmoko, Pentingnya Uji Asumsi Klasik pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda (Canarium Indicum L.), BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan 14 (2020)

Lina Yuan et al., Modeling Soil Moisture from Multisource Data by Stepwise Multilinear Regression: An Application to the Chinese Loess Plateau, International Journal of Geo-Information 10 (2021)

Byshevets Nataliia et al., Development Skills Implementation of Analysis of Variance at Sport-Pedagogical and Biomedical Researches, Journal of Physical Education and Sport 19 (2019)

Published

2022-12-01

How to Cite

Aulia, N. A., & Eko, N. (2022). Pengaruh Debit Penyemprotan Oil Mist, Kecepatan Potong, dan Feed Per Tooth Terhadap Kekerasan Saw Blade pada Pemotongan Baja S45C. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 436–445. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/61

Most read articles by the same author(s)