Perancangan Automatic Hotmeal Sampler

Authors

  • Munajiyyati Munajiyyati Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • R. Sugeng Mulyono Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Rizka Hussain PT Solusi Bangun Andalas

Keywords:

Pneumatik,hotmeal sampler,Automatic

Abstract

PT Solusi Bangun Andalas Tbk dalam pengambilan sampel hot meal di preheater masih dilakukan secara manual, pengambilan sampel hot meal masih dilakukan melalui poke hole menggunakan sekop. Pengambilan dengan metode tersebut memiliki potensi berbahaya, salah satunya potensi petugas  tersembur gas panas. Dalam tugas akhir ini akan dirancang sebuah alat yang dapat meminimalisir bahaya yang terdapat pada saat pengambilan sampel hot meal. Automatic Hot  Meal Sampler ini menggunakan bantuan pneumatik sebagai alat untuk mengambil sampel hot meal, dimana pengambilan sampel hotmeal oleh mesin akan di lakukan 2 kali dalam satu shift atau 4 jam sekali. Maka untuk mengatur pneumatik maka akan di kontrol dengan timer sehingga dalam 4 jam sekali automatic hotmeal sampler akan bekerja. Sampel hotmeal yang telah terkumpul di penampungan akan diambil oleh sample man secara kolektif sekali dalam 8 jam sekali (1 shift).Perancangan Automatic Hot Meal Sampler akan memaksimalkan pengambilan sampel menjadi lebih safety dan juga sampel yang diambil untuk di uji lebih tepat waktu sehingga hasil uji sample lebih representatif.

References

Cortada Mut, M. D. M., Dam-Johansen, K., Glarborg, P., & Nørskov, L. K. (2014). Sulfur Release during Alternative fuels Combustion in Cement Rotary Kilns. Technical University of Denmark, Department of Chemical and Biochemical Engineering.

PT Holcim Indonesia tbk,"Instruksi Kerja Sampling Lab",GL 2176 Version 1.5,2022

Alamsyah N."RANCANG BANGUN AUTOMATIC SAMPLER UNTUK CRUSHED MTERIAL PT.SOLUSI BANGUN ANDALAS TBK PABRIK LHOKNGA", 2019.

Fischer, Heinzler., dkk. 2006. “Mechanical and Metal Trade handbook”. Germany : Verlag Europa Lehrmitte.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Munajiyyati, M., Mulyono, R. S., & Hussain, R. (2023). Perancangan Automatic Hotmeal Sampler. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 2011–2019. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/544

Most read articles by the same author(s)