Analisis Sturktur Rangka Mounted Floor Frame Menggunakan Ansys Workbench
Keywords:
Analisis Struktur, Buckling, Tegangan Tekan, Tegangan Bengkok, Ansys WorkbenchAbstract
Mounted floor frame merupakan frame tempat sistem hidrolik bekerja untuk melepas sayap pesawat saat akan melakukan wing maintenance. Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk menganalisis kekuatan struktur rangka pada mounted floor frame pada saat mengalami pembebanan maksimal sebesar 6 [Ton] dengan menggunakan software Ansys Workbench. Material utama yang digunakan pada alat ini terdiri atas ASTM A500 grade B, dan AISI 4140. Adapun metodologi yang digunakan dalam menganalisis kekuatan rangka adalah mengidentifikasi reaksi komponen pada rangka saat pembebanan terjadi. Hasil yang didapat dari identifikasi adalah ulir pada base pad mengalami tegangan tekan dan pada batang penahan A mengalami buckling. Kedua komponen tersebut merupakan kekuatan utama dari rangka, jika salah satu dari kedua komponen tersebut tidak kuat menahan beban yang dialami maka pada batang penahan B dan C terjadi momen dan tegangan bengkok.
References
A. Saifullah, “Analisis Pembebanan Vertikal Pada Frame Sepeda Menggunakan Metode Elemen Hingga Dengan Bantuan Ansys,” Pros. SENTRA (Seminar Teknol. dan Rekayasa), no. 6, pp. 145–150, 2021.
H. Nurhadi and I. Wahyudi, “Analisa Struktur Fenite Element Method Rangka Pada Remote Control Weapon System Kaliber 12.7 Mm,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. IV, vol. IV, no. 0, pp. 143–150, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1335
D. Darianto, A. Siregar, B. Umroh, and D. Kurniadi, “Simulasi Kekuatan Mekanis Material Komposit Tempurung Kelapa Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Mech. Eng. Manuf. Mater. Energy, vol. 3, no. 1, p. 39, 2019, doi: 10.31289/jmemme.v3i1.2443.
L. A. N. WIBAWA, “Pemodelan Umur Fatik Alat Pengangkat Roket Kapasitas 20 Ton Menggunakan Ansys Workbench,” Turbul. J. Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, p. 44, 2020, doi: 10.36767/turbulen.v2i2.540.
R. K. N. Suprapto and L. A. N. Wibawa, “Desain dan Analisis Tegangan Rangka Alat Simulasi Pergerakan Kendali Terbang Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Mesin ITI, vol. 5, no. 1, p. 19, 2021, doi: 10.31543/jtm.v5i1.559.
A. Pasaribu and Saparini, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual untuk Meremidiasi Miskonsepsi pada Materi Gaya dan Hukum Newton,” J. Inov. dan Pembelajaran Fis., vol. 4, no. 1, pp. 36–47, 2017.
A. Sungkowo, “Perhitungan Nilai Percepatan Tanah Maksimum Berdasar Rekaman Sinyal Accelerograph di Stasiun Pengukuran UNSO Surakarta,” Indones. J. Appl. Phys., vol. 8, no. 1, p. 43, 2018, doi: 10.13057/ijap.v8i1.14326.
J. A. Putra and M. N. Misbah, “Studi Pengaruh Ukuran Bracket Pondasi Mesin terhadap Tegangan dengan Menggunakan Finite Element Method,” J. Tek. ITS, vol. 11, no. 1, pp. 1–6, 2022, doi: 10.12962/j23373539.v11i1.82025.