Potensi Hybrid Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Turbin Crossflow dan Turbin Archimedes

Authors

  • M. Alfin AS Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • P. Jannus Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Andi Ulfiana Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

turbin archimedes, turbin cross flow, pembangkit listrik tenaga hybrid

Abstract

Laboratorium Teknik Konversi Energi terletak di Politeknik Negeri Jakarta yang terdapat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang sudah pernah dilakukan sebuah penelitian sebelumnya. Lingkungan yang memadai dan berpotensi dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air dengan skala kecil. Maka dari itu untuk memodifikasi penelitian sebelumnya, peneliti menggunakan Turbin Archimedes dan turbin crossflow sebagai turbin yang akan digunakan untuk di hibrid. Turbin Archimedes dan turbin crossflow merupakan turbin yang sesuai diaplikasikan sebagai alat konversi energi air menjadi energi mekanik. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pembangkit listrik tebnaga hybrid antar turbin crossflow dan turbin Archimedes guna mengetahui efisiensinya. Metode perancangan meliputi pengamatan lokasi untuk memastikan kondisi PLTMH sebelumnya, kemudian melakukan perhitungan matematis.Tujuan penelitian ini adalah membuat model dari rancang bangun turbin air Archimedes dan turbin air crossflow dengan menggunakan dua macam turbin Archimedes yang berbeda untuk mendapatkan perbandingan efisiensi yang lebih baik.

References

Sugiono, Agus. (2009). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengelola Potensi Sumber Daya Air melalui Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mini/Mikro Hidro. BPPT, Jakarta.

Ramadhan, Agung. (2018). Implementasi Sistem Kendali Beban Elektronik Berbasis Arduino Pada Pemodelan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Politeknik Negeri Jakarta, 6-18.

Sukusno,paulus(2017). Pengembangan sistem PLTMH head rendah berbagai tipe turbin dan memanfaatkan air yang terbuang. laporan penelitian hibah bersaing dikti politeknik negeri jakarta.

Putra, I Gede Widnyana, Weking, Antonius Ibi Jasa, Lie(2018). Analisa Pengaruh Tekanan Air Terhadap Kinerja PLTMH dengan Menggunakan Turbin Archimedes Screw. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro

S. Ayu, S. Ningrum, W. D. Rediyanto, P. Sukusono, and P. Jannus, “Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Model Hybrid Turbin Air Propeller dan Turbin Air Crossflow,” … Tek. Mesin 2021, pp. 161–167, 2019, [Online]. Available: http://prosiding.pnj.ac.id/index.php/sntm/article/view/2014

F. Apriansyah et al., “RANCANG BANGUN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK MIKROHIDRO ( PLTMH ) PADA PIPA SALURAN PEMBUANGAN AIR HUJAN VERTIKAL DESIGN OF MICRO-HYDRO POWER PLANT,” vol. 3, no. 1, pp. 57–64, 2016.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

AS, M. A., Jannus, P., & Ulfiana, A. (2023). Potensi Hybrid Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Turbin Crossflow dan Turbin Archimedes. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1503–1511. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/476

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>